Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, Ikuti Panduan Ini untuk Membersihkan Setrika yang Lengket

Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, Ikuti Panduan Ini untuk Membersihkan Setrika yang Lengket

Jualelektronik.com – Setrika merupakan salah satu alat rumah tangga yang sangat berguna sekali untuk ibu rumah tangga. Alat kecil ini dapat membuat pakaian menjadi rapi dan tidak kusut. Jenisnya pun bermacam-macam, ada setrika biasa, setrika uap, sampai garment steamer yang biasa dipakai di butik.

Tak jarang beberapa masalah saat pemakaian setrika dialami ibu rumah tangga, salah satunya setrika yang lengket. Hal ini pasti sangat menjengkelkan, karena dapat mengurangi kualitas pemakaian setrika dan baju pun bisa gosong karenanya.

Banyak hal yang menyebabkan setrika lengket. Yang pertama, sering menggosok sablon yang berbahan rubber karena bahan ini mudah mengelupas dan dapat menggumpal di alas setrika. Penyebab lainnya yaitu karena penggunaan setrika yang berulang kali tanpa sering dibersihkan, kotoran-kotoran yang menempel pun semakin banyak, terutama jika kamu memakai spray pelembut.

Oleh karena itu, agar setrika tetap awet dan tidak cepat rusak, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan setrika yang lengket.

1. Lilin

Mungkin terdengar aneh menggunakan lilin sebagai pembersih setrika yang lengket, bukannya akan membuat setrika lebih lengket lagi? Tapi jangan salah, lilin memang bisa membersihkan semua kerak yang lengket di setrika. Tapi jangan gunakan lilin aroma terapi, sebaiknya gunakan saja lilin biasa yang Anda gunakan saat mati lampu.

Caranya cukup mudah, pertama nyalakan setrika hingga panas dan siapkan 1 batang lilin. Kemudian oleskan lilin ke permukaan alas setrika yang lengket hingga tertutupi oleh cairan lilin. Setelah itu matikan setrika dan biarkan hingga cairan lilin mengeras. Siapkan 1 kain bekas untuk membersihkan noda setrika dan cairan lilin yang mengeras, gosokkan dengan lembut agar tidak merusak setrika. Setrika pun bersih dan bisa digunakan kembali.

Lilin ini berfungsi untuk mengekstrak noda pada setrika dan membuat alas setrika menjadi bersih seperti baru. Namun bila belum cukup bersih, lakukan sekali lagi sampai semua noda bersih sempurna dan bisa tambahkan dengan cuka.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi memang terkenal ampuh untuk membersihkan noda, seperti membersihkan kamar mandi atau besi yang terbakar. Hal ini karena pasta gigi memiliki kandungan abrasif yang dapat menghilangkan noda. Nah, itulah mengapa pasta gigi bisa Anda gunakan untuk membersihkan setrika yang lengket.

Siapkan saja pasta gigi secukupnya dan oleskan pada alas setrika yang lengket. Tunggu beberapa saat dan bersihkan pasta gigi pada setrika dengan kain atau tissue. Jika ada sisa-sisa pasta gigi yang menempel, nyalakan saja setrika selama 5 menit hingga hangat dalam keadaan berdiri. Setelah hangat, gosokkan setrika pada kain bersih sampai sisa-sisa pasta gigi terlepas.

Lap sekali lagi dengan kain atau tissue dan Anda akan mendapatkan setrika yang bersih seperti baru. Mudah kan?

3. Daun Pisang

Jika di daerah tempat tinggalmu terdapat banyak pohon pisang atau mungkin ada pohon pisang di rumah Anda, Anda bisa memanfaatkan daun pisang untuk membersihkan setrika yang lengket. Bahan alami satu ini, ternyata bisa membersihkan noda membandel loh.

Caranya cukup mudah, pertama-tama Anda harus memanaskan setrika hingga suhu maksimal. Setelah itu siapkan beberapa daun pisang segar dan bentangkan. Lalu gosokkan setrika ke bagian dalam daun pisang berkali-kali. Lapisan lilin pada daun pisang akan ditransferkan ke setrika sehingga setrika menjadi licin. Gosokkan hingga kerak pada setrika terlepas.

Bila daun pisang layu, ganti dengan daun lain hingga setrika menjadi licin seperti baru. Setelah itu, bersihkan alas setrika dari kerak yang masih menempel dan setrika pun bisa digunakan kembali.

4. Koran dan Garam

Apakah Anda suka membaca koran dan mempunyai banyak stok koran di rumah? Jika iya, kabar baik untuk Anda karena bisa membersihkan setrika yang lengket. Cukup siapkan koran dan bumbu dapur andalan Anda yaitu garam.

Langkah pertama, panaskan terlebih dahulu setrika. Selagi menunggu, taburkan garam diatas koran yang sudah dibentangkan. Setelah setrika panas, gosokkan setrika ke atas koran yang sudah di taburi garam. Gosokkan seperti biasa Anda menggosok baju. Jika sudah merata, matikan setrika dan tunggu sampai dingin. Ambil kain atau lap yang lembab dan bersihkan permukaan setrika ketika sudah dingin.

Sisa garam dan kotoran pun akan menempel pada kain atau lap tersebut sehingga Anda akan mendapatkan setrika yang bersih dan licin kembali.

5. Cuka dan Garam

Jika tadi koran dan garam, maka sekarang Anda bisa andalkan cuka untuk menjadi pasangan garam yang bisa membersihkan setrika yang lengket. Kedua bahan dapur ini memang terbukti ampuh membersihkan noda membandel.

Sebelumnya, siapkan dulu panci lalu masukkan cuka dan garam dengan perbandingan 2:1. Setelah itu panaskan campuran tersebut dalam api sedang sampai garam larut dengan cuka, jangan panaskan hingga mendidih. Matikan kompor dan biarkan hingga dingin. Siapkan kain dan celupkan ke dalam campuran tersebut, lalu lap ke alas setrika yang lengket. Gosokkan hingga kerak-kerak pada setrika terlepas.

Jika ada bagian yang sulit dibersihkan dengan kain, Anda bisa gunakan sikat gigi lembut, cukup sikat dengan hati-hati dan setrika Anda pun bersih kembali.

6. Jeruk Nipis

Sifat jeruk nipis yang asam memang ampuh untuk membersihkan noda dan membuatnya tampak berkilau. Oleh karena itu jika Anda mempunyai stok jeruk nipis di kulkas, sebaiknya Anda gunakan untuk membersihkan setrika yang lengket.

Siapkan 1 buah jeruk nipis dan sedikit baking soda. Peras jeruk nipis dan campurkan air jeruk nipis dengan baking soda. Oleskan campuran tersebut ke alas setrika yang berkerak, senyawa asam akan membuat kerak terlepas dengan mudah dan bersih. Setelah cukup merata, ambil kain bersih dan lap alas setrika hingga bersih.

Hilangkan sisa-sisa kotoran dengan kain bersih tersebut dan panaskan setrika selama beberapa menit hingga kering.

7. Amplas

Mungkin terdengar ekstrim membersihkan setrika dengan amplas dan Anda pasti takut malah akan merusak alas setrika. Namun gunakanlah amplas yang paling halus teksturnya.

Cara ini bisa Anda gunakan jika kerak pada setrika memang benar-benar susah dibersihkan. Cukup gosokkan amplas pada bagian setrika yang berkerak, gosokkan dengan lembut dan hati-hati, jangan sampai membuat setrika rusak.

Amplas memang bisa membersihkan dengan cepat dan ampuh walaupun beresiko membuat lapisan anti lengket pada setrika mengelupas. Tapi jangan salah, jika setrika Anda sudah lengket, itu artinya lapisan anti lengket pada setrika memang sudah mengelupas, sedikit maupun banyak.

Nah, itulah dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan setrika bersih dan licin tanpa kerak menggunakan bahan-bahan yang mudah dan murah tentunya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu bersihkanlah setrikamu secara berkala sebelum setrika Anda lengket. Karena jika sudah lengket berarti lapisan anti lengket pada setrika sudah berkurang fungsinya.

Jangan lupa untuk selalu mengandalkan JualElektronik.com sebagai toko yang tepat dan terpercaya dengan harga yang bersahabat untuk membeli Setrika dan home appliances lainnya. Anda dapat membeli produk elektronik secara offline maupun online di jualelektronik.com. Pembelian bisa langsung di website Jualelektronik.com, atau by offline dengan datang ke showroom Jualelektronik.com di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021.8068.2299, whatsapp 0818 0700 5080 dan email di info@Jualelektronik.com.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *