6 Fakta Beras Merah Yang Belum Pernah Anda Ketahui

6 Fakta Beras Merah Yang Belum Pernah Anda Ketahui

JualElektronik.com – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Terdapat beragam jenis nasi, contohnya nasi merah. Beras merah sendiri berasal dari padi  yang kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kadar airnya sampai mencapai minimal 14 %. Lalu, lapisan terluar atau kulit ari/sekam  dari biji padi dikupas dan hasilnya adalah beras merah. Warna beras merah ini sendiri dipengaruhi oleh kandungan antosianin yang merupakan pigmen warna alamiah.

Sejarah beras merah ini cukup unik, karena pada masa kerajaan Tiongkok, beras ini disebut sebagai beras terlarang. Karena hanya keluarga kerajaan saja yang boleh memakan beras merah ini. Namun seiring berjalannya waktu, beras merah mulai dikembangbiakkan dan memiliki banyak jenis. Seperti hal nya di Indonesia, khususnya pulau Jawa dan Sumatera yang terdapat lahan budidaya beras merah ini.

Kebanyakan orang Indonesia tidak terlalu menyukai beras merah, hal ini karena rasanya yang hambar. Selain rasanya, tekstur dari nasi merah juga keras dan tidak pulen, berbeda dari nasi putih. Namun sudahkah Anda mengetahui apa saja fakta-fakta mengenai beras merah? Ayo simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Beras Merah Aman Untuk Penderita Diabetes

Mengapa beras merah aman untuk penderita diabetes? Hal ini karena beras merah memiliki indeks glikemik (suatu ukuran untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia) yang rendah, maka dari itu rasa nasi merah hambar. Nasi putih tinggi akan glukosa dan memilki indeks glikemik yang tinggi, sehingga rasanya manis saat dimakan. Saat mengonsumsi beras merah, maka pelepasan gula akan lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

 

Bahkan, Asosiasi Diabetes Amerika (American Diabetes Association) juga merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes. Konsumsi gula akan terkontrol dan kondisi tubuh penderita diabetes pun tidak akan memburuk.

 

2. Beras Merah Kaya Akan Serat

Beras merah melalui proses penggilingan yang tidak sempurna jika dibandingkan dengan beras putih, hal inilah yang membuat beras merah lebih kaya akan serat dan vitamin. Kandungan serat pada 100 gram beras merah mencapai 1,3 gram dan beras putih hanya 0,2 gram saja. Perbandingan ini sangat besar. Dengan serat yang cukup banyak untuk 100 gram nya, maka beras ini sangat cocok dikonsuumsi oleh kalian yang tidak suka sayur atau buah karena sudah mengandung cukup serat.

Serat ini membantu melancarkan pencernaan kita karena serat mudah di proses oleh lambung. Serat juga dapat menyerap air, sehingga membuat buang air besar kita lebih lancar, untuk itu makanlah makanan yang kaya serat seperti beras merah agar pencernaan lancar.

 

3. Beras Merah Cocok Untuk Diet

Pernahkah Anda mendengar jika ingin diet jangan makan nasi? Anggapan tersebut bisa saja benar dan bisa salah. Anda boleh tetap mengonsumsi nasi dalam porsi yang cukup dan tidak berlebih. Namun, kebiasaan orang Indonesia adalah makan menggunakan nasi putih dengan porsi yang banyak. Maka, nasi merah merupakan pengganti yang cocok untuk diet.

Beras merah mengandung banyak serat hal tersebut membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena lambung butuh waktu cukup lama untuk menmproses serat, sehingga lambung tidak akan mengirimkan sinyal lapar kepada otak.

 

4. Kalorinya Lebih Rendah Dibandingkan Nasi Putih

Kalori 100 gram nasi merah hanya 110 kalori saja, sedangkan nasi putih mencapai 130 kalori. Apalagi jika nasi di goreng, bayangkan saja sudah berapa banyak kalori yang sudah kita konsumsi. Kalori yang rendah ini akan lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi kalori normal untuk laki-laki dewasa adalah 2700 kalori sedangkan untuk perempuan dewasa adalah 2200. Jika kelebihan konsumsi kalori, maka tubuh akan obesitas dan rentan penyakit jantung. Selain itu kelebihan kalori justru membuat kita lemas dan mengantuk. Pernahkah Anda mengantuk setelah makan? Bisa jadi itu karena Anda makan dengan kalori berlebih.

Dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah, Anda tetap bisa makan dengan porsi normal tanpa harus khawatir akan konsumsi kalori yang terlalu tinggi.

 

5. Membantu Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Selain mengandung vitamin B, beras merah juga mengandum vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain vitamin B, nasi merah juga mengandung magnesium dan kalsium yang sangat baik untuk tulang. Maka jangan heran saat memakan beras merah dengan rutin, sakit sendi Anda akan berkurang. Lalu tulang dan gigi Anda juga akan lebih kuat.

Kandungan magnesium dan kalsium dalam beras merah dapat menyediakan struktur fisik tulang. Beras merah mengandung 16 mg kalsium dan 43 mg magnesium per 100 gram beras merah. Sehingga Anda akan terhindar dari kemungkinan terkena penyakit osteoporosis maupun masalah gigi jika rutin memakan beras merah. Namun tentu saja, asupan vitamin D tak hanya dari beras merah saja, Anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin D dari makanan lainnya seperti susu, salmon, maupun tuna.

 

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mungkin Anda terkejut mendengar manfaat beras merah yang satu ini, apakah benar beras merah dapat mencegah penyakit alzheimer atau penyakit penurunan daya ingat yang sering dialami lanjut usia? Beras merah memang membantu untuk mencegah komplikasi hilangnya fungsi neuron di otak karena banyaknya kandungan asam gama-aminobutyric yang meminimalisir kegiatan neuron yang tidak menguntungkan.

Tidak hanya alzheimer, khasiat beras merah juga baik untuk gangguan otak lainnya seperti amnesia maupun demensia. Maka jangan heran jika di rumah sakit Anda melihat penderita amnesia parsial atau demensia mengonsumsi beras merah dengan tujuan pemulihan otak.

Itulah dia beberapa fakta beras merah. Memasak beras merah sama halnya dengan memasak beras putih. Namun bedanya, Anda dianjurkan memasukkan lebih banyak air agar tekstur nasi merah lebih pulen dan tidak keras. Perbandingannya adalah 1 cup beras merah dengan 4 gelas air. Memasak beras menjadi mudah dengan Rice Cooker Nonstick. Kamu bisa mendapatkan Rice Cooker Nonstick di Jualelektronik.com. Dapatkan produk-produk dengan kualitas ori harga bersaing hanya di JualElektronik.com.  Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com