Cara kerja Microwave Oven

Cara kerja Microwave Oven

Saat ini penggunaan microwave oven sudah tidak aneh lagi, hampir semua rummah tangga modern telah menggunakan alat ini, harganya yang sudah terjangkau dan cara pengoprasian yang mudah menjadi daya tarik tiap rumah tangga untuk menggunakannya.

Microwave Oven dalam bahasa sehari-hari sering di sebut dengan microwave, adalah sebuah alat dapur yang memanaskan makanan dengan menggunakan Gelombang mikro.

  1. Power Plug adalah arus bolak balik yang akan di rubah menjadi arus searah oleh Filter.
  2. Magnetron akan menggunakan arus searah ini untuk menghasilkan gelombang micro dengan frekuensi tinggi sekitar 2,45 GHz.
  3. Gelombang micro yang di hasilkan dari magnetron ini akan di arahkan oleh sebuah antena yang berada di bagian atas magnetron ke dalam area Wave Guide.
  4. Wave Guide akan meneruskan gelombang mikro ke sebuah alat menyerupai kipas yang di sebut dengan Mode stirrer. Stiier ini menyebarkan gelombang mikro di dalam ruang oven.
  5. kemudian gelombang mikro ini akan di pantulkan oleh dinding-dinding microwave yang nantinya akan di serap oleh molekul-molekul makanan, karena setiap gelombang mempunyai komponen positif dan negatif, maka molekul molekul makanan ini akan di desak kedepan dan kebelakang dan saling bergesekan selama 2 kali kecepatan frekuensi gelombang mikro yaitu 4,9 juta kali dalam setiap detik. Akibat pergeseken yang sangat tinggi ini lah yang menyebabkan panas tinggi, coba saja anda gesek-gesekan kedua telapak tangan Anda pasti akan terasa hangat. Panas yang tinggi inilah yang membuat makan menjadi matang.

Gelombang mikro hanya bekerja pada Air, Gula dan lemak, tetapi tidak pada plastik, kaca dan keramik.

[quote ]Memasak menggunakan microwave sangat cepat dan tidak akan membuat makanan gosong meskipun di masak dalam waktu yang lama.[/quote]

Oven Covection
Oven Konveksi adalah oven yang menggunakan kipas agar sirkulasi suhu panas di dalam oven menjadi rata. Kipas angin membantu mendistribusikan panas secara merata di sekitar makanan, menghilangkan udara dingin yang mengelilingi makanan di dalam oven, sehingga makanan lebih matang merata dalam waktu yang cepat hanya dengan menggunakan suhu yang lebih rendah di bandingkan dengan oven standar. Kesimpulan cara kerjanya adalah sebuah oven memiliki element pemanas yang menghasilkan suhu panas, kemudian kipas angin berfungsi untuk sirkulasi udara di dalam ruang oven agar suhu menjadi merata.

Microwave Oven Covection
Sebuah Oven Microwave konveksi adalah kombinasi dari microwave standar dengan oven konvkesi. hal ini memungkinkan makanan yang dimasak dalam microwave konveksi dimasak dengan cepat, namun keluar kecoklatan atau crisped seperti dalam oven konveksi. Sebagai contoh, sebuah oven microwave konfeksi dapat digunakan untuk memanggang kue, yang tidak mungkin di lakukan oleh microwave standar. Sebuah Oven Microwave konveksi bnar-benar memiliki kecepatan tinggi karna menggunakan kipas agar sirkulasi udara panas di dalam ruang oven merata.