Cara Service Kompor Gas

Cara Service Kompor Gas

Sangat perlu memberikan perawatan pada kompor gas. Treatment tersebutpun bermacam-macam, mulai dari yang paling sederhana hingga selebihnya. Cara perawatan kompor gas pun bisa dimulai dari diri sendiri dan tak selalu identik dengan pengajuan service ke pihak jasa servis.

Rinnai Kompor Tanam 3 Tungku Glass - RB3SS(GB)

Tip-Tips Merawat Kompor Gas

Merawat kompor gas sama dengan mengkonsidikan alat masak untuk selalu baik-baik saja. Jelas ada treatmentnya. Seperti tips-tips merawat kompor gas berikut:

  • Gunakan kompor seperlunya saja. Segera matikan jika sudah tak dipakai
  • Lepaskan regulator kompor dari tabung gas jika tidak digunakan, terutama dalam waktu yang cukup lama. Seperti ketika pergi keluar kota
  • Bersihkan kompor secara berkala
  • Posisikan alat masak di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Cahaya matahari mempengaruhi kinerja komponen kompor dan memicu bahaya
  • Letakkan alat masak terlebih dahulu sebelum menyalakan kompor karena bisa mengakibatkan resiko berbahaya
  • Pilih komponen kompor gas yang berkualitas.

Baca juga: Cara Memperbaiki Pematik Api Kompor Gas

Harga Gascomp Kompor Gas 1 Tungku - OBML4010

Berhati-hati dalam menggunakan alat masak dari gas serta menjaga dengan baik merupakan langkah awal dari merawat kompor gas. Memberikan treatment yang teratur maupun secara berkala lebih mengurangi resiko kerusakan pada kompor. Jika memang permasalahan pada kompor tak bisa dihindari, ragam treatment untuk menindaklanjuti pun baiknya segera dilakukan. Bagaimanakah caranya?

Cara Service Kompor Gas Sendiri

Tak selalu, kompor yang bermasalah harus dibawa ke reparasi kompor gas. Kenapa? Karena terdapat cara service kompor gas yang bisa dilakukan sendiri. Bagaimanakah caranya? Tentu kemungkinan perbaikan kompor gas ada banyak. Lalu, adakah cara yang paling praktis? Simak tips dalam melakukan service kompor gas sendiri, berikut:

  • Jika ada bunyi gas yang mendesis atau tercium bau gas, segera matikan kompor dan cek keseluruhan komponen kompor. Bisa karena klep regulator belum terpasang dengan baik. Jika gasnya yang habis, segera ganti.
  • Komponen aksesoris kompor baik-baik saja, tapi kompor tak mau menyala bisa jadi karena masalah pada pematik. Pada kompor gas otomatis, akan terdengar suara tit tit tit yang merupakan tanda bahwa baterai hampir habis.
  • Api yang menyala kecil besar kemungkinan karena volume gas tinggal sedikit. Jika sudah diganti dan belum berubah juga, cek saluran pada burner yang tertutup oleh kerak.
  • Api berwarna merah bisa karena burner maupun tungku kompor yang kotor. Segera bersihkan kerak yang mengotori, agar nyala api tak merah lagi.

Kenapa Harus Service Kompor Gas Sendiri?

Cara servis kompor gas sendiri menjadi bentuk tindaklanjut atas kendala yang terjadi pada alat masak. Dimana perlengkapan memasak yang menggunakan tabung gas tidaklah selalu identik dengan perbaikan yang sulit. Barulah, ketika membutuhkan perbaikan kompor gas lebih lanjut, bisa dibawa ke tempat service kompor gas.

Cari tahu cara memperbaiki kompor gas Quantum disini