Jangan Asal! Ini Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Kipas Angin

Jangan Asal! Ini Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Kipas Angin

Jualelektronik.com – Sebagai penyejuk udara, kipas angin sangatlah dibutuhkan bagi banyak orang. Apalagi diantara penyejuk udara lainnya, kipas angin sangat mudah didapatkan, harganya murah, dan menggunakannya juga tidak ribet. Maka tak heran kalau hampir semua rumah khususnya di Indonesia yang terkenal sebagai negara tropis, pasti memiliki setidaknya 1 kipas angin di rumah.

Namun, tidak banyak orang yang tau bagaimana cara memilih kipas angin yang tepat untuk dirumah. Kebanyakan salah memilih kipas angin dan malah membuat udara di rumah tidak sejuk. Pemilihan kipas angin ini memang sangat penting, supaya Anda bisa merasakan kesejukan yang maksimal sangat menggunakan kipas angin. Kalau salah pilih dan tidak cocok dengan kipas angin yang Anda beli, akhirnya malah akan jadi pajangan saja dirumah.

Oleh karena itu, kali ini Jualelektronik akan memberikan beberapa tips kepada Kawan JE supaya bisa membeli kipas angin sesuai dengan kebutuhan di rumah kamu. Simak pembahasannya dibawah ini ya.

1. Tinggi & Luas Ruangan

Apakah Kawan JE selalu mengukur tinggi dan luas ruangan sebelum membeli kipas angin? Kebanyakan orang yang ingin membeli kipas angin, tidak memperhatikan dulu tinggi dan luas ruangan. Padahal, sama seperti AC, untuk memasang kipas angin kita juga perlu menghitung tinggi dan luas ruangan agar bisa memperkirakan kipas angin mana yang cocok untuk dipasang.

Lalu, apa gunanya memperkirakan tinggi dan luas ruangan? Ini bisa memudahkan kamu saat memilih kipas angin dan meminimalisir kesalahan kamu dalam memilih kipas angin, singkatnya kamu bisa memilih kipas angin yang tepat dengan ruangan tersebut. Misalnya untuk ruangan yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan wall fan atau stand fan saja. Karena lebih aman dan cukup untuk memberi kesejukan di luas ruangan yang tidak terlalu tinggi dan luas.

Sedangkan, untuk ruangan yang luas dan tinggi diatas 3 meter, Anda bisa menggunakan ceiling fan dengan baling-baling yang panjang. Menggunakan ceiling fan di ruangan yang tinggi dan luas memang sangat tepat, karena ceiling fan bisa memberikan kesejukan yang maksimal. Namun disarankan jangan gunakan ceiling fan di ruangan dengan tinggi kurang dari 3 meter, karena bisa membahayakan.

Boleh menggunakan ceiling fan di ruangan yang tidak terlalu tinggi, tapi usahakan yang baling-balingnya tidak terlalu panjang, yang ukuran baling-balingnya sekitar 8 sampai 10 inch. Penggunaan ceiling fan kecil di kamar juga direkomendasikan, karena angin bisa menyebar dengan merata, sehingga saat tidur tidak akan terasa gerah. Untuk di kamar juga bisa menggunakan stand fan, usahakan menggunakan stand fan yang bisa berputar kepalanya.

2. Fitur Kipas Angin

Saat membeli sesuatu, sudah pasti orang akan melihat fitur dan keunggulan apa saja yang dimiliki produk tersebut. Sama seperti kipas angin yang terdapat banyak jenis dan merk, sudah pasti memiliki fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melihat fitur dan keunggulan yang dimiliki kipas angin sebelum memutuskan untuk membelinya.

Beberapa fitur yang sudah dikenal misalnya memiliki timer. Timer ini sangat berguna sekali untuk Anda yang tidur dengan menggunakan kipas di malam hari. Supaya tidak terus menerus terpapar angin dari kipas angin, Anda perlu memasang timer supaya bisa mematikannya secara otomatis tanpa harus terbangun dari tidur. Kipas angin dengan timer bisa Anda temukan disini.

Selain itu ada juga kipas angin yang menggunakan remote control. Fitur ini biasa ditemui pada kipas angin jenis ceiling fan, namun kini juga bisa ditemukan pada stand fan. Remote control bisa membantu kamu supaya lebih mudah menyalakan dan mematikan kipas angin, serta untuk mengatur kecepatan. Jadi Kawan JE tidak perlu repot-repot mengaturnya langsung pada kipas angin. Kipas angin dengan remote control juga tersedia di Jualelektronik.

Fitur selanjutnya yaitu kipas angin anti nyamuk, ini pastinya sangat menarik perhatian kamu bukan? Karena kamu bisa mendapatkan 2 keuntungan saat menggunakan kipas angin yang dilengkapi fitur ini, dapat kesejukan serta bebas dari serangan nyamuk. Kipas angin ini memiliki tempat obat nyamuk elektrik, sehingga ketika dinyalakan obat nyamuk akan otomatis tersebar. Di Jualelektronik, kipas angin dikenal dengan nama ONY series.

3. Perhatikan Garansinya

Sangat wajib bagi kamu untuk memperhatikan garansi produk sebelum membelinya, khususnya untuk kipas angin. Kipas angin umumnya digunakan setiap hari, maka tidak jarang banyak orang mengalami kipas angin yang rusak atau cacat selama pemakaian. Apalagi buatan pabrik pastinya tidak bisa lepas dari kesalahan pembuatan. Oleh karena itu pilihlah kipas angin dengan garansi resmi.

Untungnya semua produk yang ada di Jualelektronik, khsuusnya kipas angin, memiliki garansi resmi dari produsen masing-masing. Garansi mulai dari 1 tahun sampai 5 tahun. Jadi jika ada produk yang rusak atau cacat, jangan ragu untuk langsung melaporkannya selama masih dalam masa garansi.

4. Cek Daya Kipas Angin

Untuk penggunaan kipas angin di rumah, seharusnya gunakan kipas angin yang daya nya kecil agar lebih hemat listrik dan tidak terlalu memakan daya di rumah klamu. Begitupun untuk kamuyang menggunakan kipas angin di kios kecil seperti warung sembako yang ruangannya kecil.

Sedangkan untuk yang memiliki bisnis besar, boleh gunakan kipas angin yang dayanya lebih tinggi, agar kipas angin berjalan lebih maksimal. Misalnya di perkantoran, ruko atau di restoran dan tempat makan yang ruangannya cukup besar.

Mengecek daya kipas angin sebelum membeli kipas Angin akan membuat kamu lebih hemat dalam mengeluarkan uang untuk membayar listrik. Jangan sia-siakan uang kamu untuk kipas angin yang daya listriknya terlampau tinggi, karena jika tidak cocok dengan rumah kamu, akhirnya kipas angin pun tidak bisa terpakai.

5. Harga Kipas Angin

Sudah menjadi hal yang tidak tabu kalau kita semua pasti selalu melihat harga sebelum membeli, terutama ketika membeli kipas angin. Biasanya pasti kita mencari harga yang paling murah dan sesuai dengan budget yang kita miliki. Namun, alih-alih memilih kipas angin dengan harga termurah dan sesuai dengan budget yang tersedia, kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari kipas angin tersebut.

Ada harga ada barang, kebanyakan kipas angin yang memiliki harga lebih mahal memang memiliki kualitas dan fitur yang lebih lengkap. Sehingga tak jarang ada yang mau merogok kocek lebih supaya mendapatkan fungsi yang setimpal. Tapi bukan berarti yang murah tidak memiliki kualitas ya, karena di Jualelektronik kalian bisa kok membeli kipas angin seharga 70rb-an yang kualitasnya tidak kalah dengan yang harganya lebih mahal.

Demikianlah beberapa poin yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kipas angin, agar tidak salah pilih dan bisa mendapat kipas angin yang tepat. Bagaimana nih Kawan JE, sekarang sudah tidak bingung lagi untuk memilih kipas angin, kan?

Kalau kamu mau mencari kipas angin berkualitas dengan harga bersahabat, kamu bisa dapatkan yang original dengan garansi resmi dan berbagai fitur hanya di jualelektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@catur.co.id