Membuat MPASI Untuk Bayi Tanpa Mengurangi Kandungan Gizinya

Membuat MPASI Untuk Bayi Tanpa Mengurangi Kandungan Gizinya

JualElektronik.com – Baru-baru ini ada berita viral dari Indonesia, yaitu bayi 4 bulan meninggal akibat diberi makan nasi oleh Ibu Kandungnya sendiri. Hal ini tentunya menjadi rambu-rambu bagi Ibu muda maupun calon Ibu. Pemberian makanan padat seperti nasi tidak seharusnya diberikan pada bayi yang baru berusia 4 bulan, hal ini karena tidak adanya gigi yang membantu mencerna makanan dan lambung si bayi juga belum siap untuk menerimanya.

Sebenarnya, sampai  saat ini ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi sampai usianya 2 tahun. Namun ketika sudah berusia 6 bulan, bayi akan dikenalkan dengan makanan tambahan yaitu Makanan Pendamping ASI (MPASI). Mengapa bayi harus diberi MPASI? Lalu, bagaimanakah cara membuat MPASI yang kaya gizi untuk bayi Anda?  Simak info selengkapnya di bawah ini.

 

Bagaimanakah Kriteria MPASI Yang Baik Untuk Bayi?

Berdasarkan hasil pembahasan para pakar dan diatur dalam Standar Nasional Indonesia tahun 2005, MPASI terdiri dari empat jenis yaitu MPASI bubuk instan, biskuit, siap santap, dan siap masak. Jadi saat ini sudah banyak sekali beredar MPASI instan di supermarket berupa bubuk atau biskuit. Sebenarnya MPASI instant tidak masalah bagi bayi, namun lebih baik lagi jika kita membuat sendiri MPASI dengan menggunakan bahan-bahan yang kaya nutrisi seperti buah asli, sayuran, dan yang lainnya.

 

Kriteria penting yang pertama adalah teksturnya, pastikan MPASI yang diberikan kepada bayi harus benar-benar halus dan lembut. Jangan memberikan MPASI yang teksturnya masih kasar karena akan membuat bayi tersedak dan mengganggu pencernaannya. Menurut dr. Jenni Mgizi, SpGK, awali makanan bertekstur lunak dengan bubur susu kemudian bubur saring. Jadi jangan langsung memberikan MPASI bertekstur kasar atau berat untuk bayi.

Selain itu bahan makanan juga penting. Tujuan dari memberikan MPASI adalah membantu pencernaan bayi dan memberikan gizi yang cukup selain gizi dari ASI. Oleh karena itu, pilihlah bahan makanan yang tepat. Zat besi merupakan kebutuhan utama bayi, maka gunakan bahan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam, brokoli, dan ati ayam. Penggunaan beras dalam MPASI juga disarankan, karena beras tidak memiliki resiko alergi bagi bayi.

Yang terakhir adalah proses pembuatan yang higienis dan aman. Membuat makanan untuk bayi tentunya harus higienis agar tidak menimbulkan resiko terkena penyakit atau kuman pada bayi. Gunakan bahan makanan yang sudah steril dan sudah di cuci dengan air mengalir hingga bersih. Cuci bersih juga peralatan makanan bayi. Sehingga MPASI yang diberikan tidak akan hilang nilai kandungan gizinya.

 

Cara Membuat MPASI Pertama Yang Kaya Gizi Dan Nutrisi

Pilihlah buah sebagai bahan MPASI pertama bayi Anda untuk perkenalan. hal ini karena buah kaya vitamin dan serat yang baik untuk pencernaan bayi. Untuk itu Anda bisa membuat MPASI pisang dan mangga untuk bayi Anda. Bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan, yaitu cukup siapkan 1 buah pisang dan 1 buah mangga yang kecil serta 150 ml ASI. Setelah buah di kupas dan di potong-potong dadu.

 

Gunakanlah food processor atau blender untuk menghaluskan buah yang sudah dipotong-potong tadi. Cosmos FP300 – Food Processor akan memberikan sentuhan hasil akhir yang lembut dan halus, sehingga cocok untuk membuat MPASI bagi bayi Anda. Jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya, karena rasa manis dari buah sudah cukup bagi bayi. Setelah itu tuangkan 150 ml ASI dan haluskan lagi hingga tercampur rata. MPASI pun bisa disajikan.

 

Itulah cara membuat MPASi bagi bayi tanpa mengurangi gizinya. Anda bisa praktekkan langkah-langkah di atas dirumah dan menyajikan MPASI bergizi dan bernutrisi bagi bayi Anda. Untuk hasil akhir yang baik untuk bayi Anda, Anda bisa menggunakan Cosmos FP300 – Food Processor. Dengan menggunakan  maka kita tidak perlu lagi khawatir saat membuat roti. Dapatkan Cosmos Fp300 – Food Processor kualitas ori harga bersaing hanya di jualelektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com