Pematik Api Kompor Gas

Pematik Api Kompor Gas

Dalam pemakaian kompor gas, terdapat beberapa kerusakan yang seringkali dialami. Pematik api kompor gas yang tak dapat berjalan dengan normal adalah bagian dari permasalahan pada kompor. Akhirnya, bunga api tidak muncul, padahal gas dari tabung mengalir dengan lancar. Aktifitas memasak pun jadi terkendala, akibat api kompor yang tak menyala.

Cari tahu cara memperbaiki pematik kompor gas disini

Harga Maspion Kompor Gas 2 Tungku Stainless - GTU 709S

Apakah Pematik Kompor Gas Itu?

Adalah komponen kompor gas yang memiliki dua saluran kabel, satu terhubungkan ke tungku kompor dan satunya ke pematik. Saat pematik dinyalakan, maka gas yang mengalir pada saluran tersebut akan memicu keluarnya api pada tungku. Begitu pula dengan kebalikannya, saat pematik off, maka gas akan terhenti dan api pun mati. Jika saluran tersebut macet, maka gas yang berasal dari tabung tak sampai ke tungku dan api tak menyala.

Baca juga: Pematik Electrik Kompor Gas

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Pematik Kompor Gas

Tiap-tiap spare part kompor gas yang sudah tak bisa berfungsi dengan baik, sama-sama beresiko membuat kompor tak bisa menyala lagi. Diketahui sebabnya dari pematik api kompor gas itu bisa dilihat dari pengecekan lebih detail. Seperti dengan membongkar kompor gas itu sendiri. Kerusakan jelas yang ada pada bagian pematik kompor ditandai dengan beberapa hal, dan dari sebab-sebab itu bisa dicari tindakan yang tepat, seperti:

  • Terlepasnya kabel pematik dari tempatnya. Untuk itu, kabel harus dipasangkan kembali ke posisinya.
  • Ujung pematik kompor yang kotor. Solusinya ialah dengan membersihkan bagian pematik api kompor gas itu sendiri. Gunakan jarum maupun peralatan yang bisa menyikat bersih kerak-kerak pada saluran kabel yang kecil itu.
  • Kondisi pematik kompor gas yang sudah aus. Cara menindaklanjutinya ialah dengan mengganti yang baru.

Cari tahu juga Cara Membersihkan Kompor Gas

Cara Agar Pematik Api Kompor Gas Tak Mudah Rusak

Baik pematik kompor gas maupun lainnya sama-sama bisa mengalami kerusakan. Tetapi, ragam kerusakan bisa diminimalisir sedari awal dengan memberikan perawatan yang tepat. Seperti membersihkan dan memantau kondisi kompor secara berkala. Sehingga, dari penanganan yang cepat dan tepat itu, bisa mengkondisikan kompor dengan performa yang bagus.

Cari tahu pematik kompor gas yang rusak disini