Bagaimana Cara Membuat Roti Empuk? Ini Rahasianya!

Bagaimana Cara Membuat Roti Empuk? Ini Rahasianya!

JualElektronik.com – Roti menjadi jajanan favorit bagi semua kalangan, dari anak-anak sampai lanjut usia. Seringkali roti dijadikan menu sarapan karena mudah didapat dan bisa dijadikan pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat. Pada hari raya dan acara, roti juga dipilih sebagai panganan untuk tamu. Selain karena rasanya yang enak, roti juga disukai karena dapat dikreasikan dan divariasikan rasanya.

Pernahkah Anda membuat roti namun hasilnya bantet dan tidak empuk? Pastinya membuat kesal dan membuat Anda malas untuk mencoba membuat lagi. Membuat roti memang susah-susah gampang karena membutuhkan teknik dan feeling saat membuat adonan roti dan memanggangnya. Untuk seseorang yang sudah sering membuat roti mungkin ini adalah hal yang mudah, tetapi berbeda bagi pemula yang baru saja belajar membuat roti. Tapi, ternyata membuat roti supaya empuk ada rahasianya loh. Simak rahasianya di bawah ini!

 

1. Cara Mencampur Bahan

Walaupun sepele tetapi ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa membuat rotimu gagal loh! Saat membuat adonan, proses pencampuran bahan adalah yang terpenting. Dibutuhkan timing yang tepat saat mencampur bahan, harus satu persatu dan perlahan. Kebanyakan orang mencampur bahan sekaligus dan tidak sesuai urutan. Contohnya saat memasukkan tepung, sebaiknya di ayak terlebih dahulu. Kemudian, untuk bahan-bahan kering lebih baik di campur terlebih dahulu di wadah yang berbeda, karena bahan yang kering jika dicampur tidak akan berubah bentuknya dan akan meminimalisir pengadukan pada adonan.

 

2.  Gunakan Bahan Pengembang

Bahan pengembang seperti backing powder, soda kue, dan cake emulsifier merupakan komponen penting dalam pembuatan roti. Selain akan membuat roti lebih mengembang, bahan pengembang akan membuat hasil akhir roti menjadi empuk dan lebih enak. Namun seringkali bahan pengembang dilupakan saat membuat roti, maka dari itu roti bisa menjadi bantat dan tidak empuk. Tetapi jangan gunakan bahan pengembang terlalu banyak karena akan membuat roti kita beremah.

 

3. Wadah Yang Digunakan

Membuat roti memang membutuhkan wadah yang banyak karena terdapat bahan yang banyak juga. Terkadang kita juga tidak memperhatikan wadah yang kita gunakan dan asal menggunakan. Wadah yang baik untuk pembuatan adonan adalah wadah yang bebas air, mentega, dan minyak. Wadah yang basah dan berminyak akan membuat adonan menjadi menggumpal dan roti menjadi bantet. Sebaiknya sebelum digunakan, cuci dulu wadah dan lap hingga kering.

 

4. Hindari Gumpalan Pada Tepung

Sebelum menggunakan tepung, sebaiknya pastikan jika tepung bebas dari kadar air dan kering. Selain itu, ayaklah tepung terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya. Gumpalan pada tepung akan membuat adonan tidak mengembang dengan baik walaupun sudah memakai bahan pengembang.

 

5. Suhu Oven

Sebelum memasukkan adonan dalam loyang, sebaiknya panaskan dulu oven. Perhatikan juga suhunya, apakah sudah sesuai dengan resep? Jangan memasang suhu terlalu tinggi karena akan membuat roti gosong di luar dan tidak matang di dalam. Setelah memasukkan adonan ke dalam oven, jangan sering membuka tutup oven untuk mengecek adonan sudah matang atau belum. Saat penutup dibuka, maka suhu akan keluar dan membuat roti yang sudah mengembang menjadi menyusut kembali.

 

Bagaimana? Apakah Anda sering melakukan kesalahan di atas saat membuat roti? Jika iya, itulah yang membuat roti Anda menjadi tidak empuk. Di jaman sekarang ini, sebenarnya membuat roti merupakan hal yang mudah. Mengapa? Karena sudah ada alat yang bisa membuat adonan roti dan memanggang roti sekaligus. Dengan menggunakan Bread Maker maka kita tidak perlu lagi khawatir saat membuat roti. Dapatkan Panasonic SDP104WSR – Bread Maker kualitas ori harga bersaing hanya di jualelektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com