Api Kompor Gas Merah

Api Kompor Gas Merah

Pada umumnya, api dikenal dengan warna merah. Tetapi, kenapa api kompor gas berwarna biru dan terasa aneh jika api kompor gas merah? Kenapa begitu? Api kompor berwarna biru karena kadar hidrokarbon yang rendah.

Baca juga: Penyebab Api Kompor Gas Merah

api-kompor-nerah

Bahaya Dari Api Kompor Gas Berwarna Merah

Ketika api kompor berwarna biru berubah jadi merah, itu bukanlah suatu hal yang wajar melainkan tanda-tanda dari permasalahan. Penyebab api kompor gas berwarna merah ini karena kadar hidrokarbon yang tinggi. Kondisi ini berakibat buruk, antaranya:

  • Timbul jelaga pada perlengkapan masak
  • Kualitas api menurun dan waktu memasak jadi lebih lama
  • Api kompor gas bisa mati jika dibiarkan terus menerus

Cari tahu juga cara memperbaiki kompor gas disini.

Cara Memperbaiki Kompor Gas Api Merah

Kompor gas api merah adalah pertanda bahaya yang segera mungkin harus ditindaklanjuti. Untuk menangani api kompor gas berwarna merah perlu mencari tahu sebabnya. Sebagian besar penyebab api kompor gas merah karena tungku dan burner yang kotor. Akibatnya, gas keluar dan bercampur dengan kadar hidrokarbon yang tinggi. Akhirnya api kompor jadi berwarna merah. Untuk itu, perlu menindaklanjuti dengan menjaga kebersihan kompor, termasuk membersihkan area penyangga kompor dan corong api.

Baca juga: Cara Merawat Kompor Gas

Tips Agar Api Kompor Gas Warna Biru Lebih Awet

Kini, banyak sekali kompor gas yang dicover oleh api biru. Namun demikian, tak menutup kemungkinan adanya api kompor gas merah dalam jangka dekat maupun nanti. Cepat lambatnya perubahan api kompor dapat dipengaruhi dari tingkat perawatan yang diberikan. Agar api warna biru lebih awet, dapat dimulai dengan tips-tips berikut:

  • Rajin-rajinlah bersihkan kompor gas secara rutin
  • Pastikan tungku dan corong api/burner tidak terkotori oleh kerak
  • Gunakan perabotan yang bersih, terutama bagian bawah yang tidak terkotori oleh kerak maupun kumpulan jelaga.

Cek juga cara reparasi kompor gas disini.