Api Kompor Gas Berwarna Merah

Api Kompor Gas Berwarna Merah

Biru menjadi warna api kompor gas yang dikenal sebagai pengapian terbaik. Kenapa bisa begitu? Api kompor gas berwarna biru dikarenakan adanya gas hidro karbon dalam skala rendah. Terkadang, api biru pun hanya sebagian karena ada yang berwarna merah. Hal tersebut wajar dan tidak membuat peralatan masak jadi gosong.

api-kompor-nerah

Berbeda halnya dengan api kompor gas berwarna merah karena tingginya kadar gas hidro karbon dari kompor. Adalah pertanda awal dari permasalahan pada kompor. Api kompor gas merah dapat menimbulkan jelaga pada peralatan masak. Di samping itu, memicu resiko bahaya lainnya seperti nyala api yang kecil hingga kompor tak mau menyala.

Rinnai Kompor Tanam 3 Tungku Stainless - RB3EHII(S)

Penyebab Api Kompor Gas Merah

Nyala api kompor bisa menjadi merah akibat kadar gas hidro karbon yang tinggi itupun ada yang mempengaruhi. Di sebagian besar, penyebab api kompor gas merah karena kerak pada tungku dan burner serta sprayer yang tersumbat. Tak perlu cemas, dan tak perlu harus membawanya ke pihak reparasi kompor gas. Kenapa? Karena bisa dihandle sendiri? Bagaimanakah caranya?

Baca juga: Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

Cara Memperbaiki Kompor Gas Api Merah

Kompor gas api merah bukanlah kondisi yang akan membahayakan kompor, jika segera ditindaklanjuti. Bagaimanakah caranya? Tentu dengan membersihkan bagian corong api/burner dan tungku. Begitu pun dengan pengecekan bagian sprayer, barangkali tersumbat. Cara membersihkan tungku maupun burner, bisa dilepas terlebih dahulu. Sikat dan gunakan cairan pembersih. Jika tak kunjung hilang, gunakan soda apel. Kemudian bilas dengan kain lap. Tunggu sampai kering sebelum dipasangkan kembali.

Cari tahu cara membersihkan kompor gas disini.

Tips Meminimalisir Resiko Api Kompor Gas Berwarna Merah

Tak ada yang menginginkan adanya masalah pada kompor gas. Begitu pun dengan terjadinya api kompor berwarna merah. Yangmana, perihal tersebut dapat dicegah serta diminimalisir. Bagaimanakah caranya? Simak tips-tips simple berikut:

  • Jaga kebersihan kompor gas secara berkala
  • Pilih aksesoris kompor yang berstandard
  • Tempatkan posisi kompor dengan tidak terpapar sinar matahari serta bukan di area yang terkena air hujan ataupun tempat yang lembab
  • Cek kondisi kompor sebelum digunakan.

Bahaya tidaknya kompor di dapur bergantung dengan pemakaian dan perawatannya. Begitu pula dengan kendala yang ditemui, bisa diminimalisir dan ditangani. Hingga sampai tiba saatnya, kompor dapur harus tergantikan dengan yang baru karena tak layak pakai. Seperti apapun pilihan kompor modern itu, dapat Anda temui di Jualelektronik.com. Atau datang langsung ke Show Room yang beralamat lengkap di Ruko Harco, Blok P, Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Cari tahu juga kompor gas yang bagus dan awet disini.