7 Tips Jitu Jaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Ramadhan

7 Tips Jitu Jaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Ramadhan

Meski berpuasa, tetapi aktifitas tetap berjalan seperti biasanya. Terasa lebih lelah dan letih dari biasanya. Kurang menjaga kesehatan dengan baik sedikit saja, tubuh bisa drop dan aktifitas pun terganggu. Tapi, kamu tak perlu cemas karena ada beberapa tips jitu yang bisa menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa di bulan ramadhan. Yuk disimak langsung.

  1. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

air-putih

Minuman manis dengan beberapa potong es paling enak diminum konsumsi waktu berbuka. Tetapi, jangan lupakan air putih karena berpuasa, banyak cairan tubuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan atur porsi minum air putih di saat berbuka puasa dan sahur. Sehingga, tidak membuat tubuh mudah lemah. Kamu bisa menggunakan dispneser ataupun pure it yang menjadikan cara minum lebih sehat dan praktis.

  1. Konsumsi Buah Dan Sayur

juice-5

Selain air putih, kamu perlu menjaga konsumsi buah dan sayur. Meskipun gorengan sangat enak untuk teman berbuka puasa, tapi lengkapi pula dengan buah dan sayur ketika menyantap makanan. Begitu juga ketika sahur. Pilih menu juice untuk menyajikan menu berbuka puasa yang lebih segar dan nikmat. Pakai blender untuk membuat juice buah maupun kombinasi antara juice buah dan sayur.

  1. Kurangi Junkfood

Mencari menu praktis berbuka puasa bukan berarti harus terus-terusan mengkonsumsi makanan junkfood, kan? Meskipun enak, akan tetapi junkfood sangat kurang bagus bagi tubuh. Jika memang menginginkan makanan maupun minuman cepat saja yang terkategori junkfood, bisa dikurangi demi kebaikan tubuh.

  1. Konsumsi Vitamin Tambahan

Untuk beberapa individu yang terasa sulit menjaga kesehatan tubuh, bisa mengkonsumsi vitaman tambahan. Seperti madu maupun vitamin lainnya. Akan tetapi, pastikan bahwa tubuh tidak bergantung dengan vitamin tersebut.

  1. Olahraga

olahraga

Selama bulan puasa bukan berartti harus absen olahraga. Masih ada pilihan aktifitas olahraga ringan yang bisa dilakukan. Seperti contohnya jalan-jalan sebentar selepas sholat subuh. Sholat ke masjid dengan jalan kaki pun cocok dijadikan aktifitas sehat. Bila perlu, luangkan waktu sekitar 10-30 menit untuk sekedar melakukan pemanasan dan beberapa olahraga ringan selepas berbuka puasa.

  1. Tidur Yang Cukup

tidur-cukup

8 jam sehari menjadi waktu yang pas untuk istirahat dengan sempurna. Meskipun harus bangun sahur, akan tetapi, pola tidur harus dijaga. Jika sahur jam 3.30 pagi, setidaknya pukul 20.30 sudah tidur.

  1. Atur Aktifitas

Beda individu, profesi hingga kesibukan mempengaruhi bentuk aktifitas yang dilakukan. Seperti apapun perbedaan itu, pastikan bisa diatur sedemikian rupa agar tidak buang-buang energi. Seperti kurangi aktifitas di luar. Jika memang kegiatannya di luar, kontrol aktifitas tersebut agar tidak memicu lelah maupun letih berlebihan. Bahkan untuk ibu rumah tangga yang ada di dalam rumah pun sangat penting mengatur aktifitas sebaik mungkin. Pakai kipas angin atau air cooler jika di ruang rumah terasa gerah. sehingga tubuh tidak cepat merasa haus.

Itulah beberapa tips jitu untuk menjaga kesehatan dari luar dan dalam ketika sedang berpuasa. Semoga dapat membantu dan selamat menunaikan ibadah puasa.