Bagaimana Cara Mengatasi Wajan Yang Berkarat Dan Lengket?

Bagaimana Cara Mengatasi Wajan Yang Berkarat Dan Lengket?

JualElektronik.com – Wajan yang cepat berkarat dan mudah lengket memang sangat menganggu dan merepotkan. Apalagi jika sehabis masak kita harus direpotkan dengan membersihkan noda membandel yang menempel pada wajan, tentunya akan menghabiskan waktu dan tenaga. Selain itu, wajan yang berkarat juga tidak baik karena mengandung logam berat yang jika tertelan masuk ke tubuh akan menyebabkan keracunan dan gangguan kesehatan lainnya.  Jika makanan sudah terpapar logam berat, maka akan membuat makanan memiliki efek karsinogenik  alias dapat meningkatkan resiko kemunculan kanker pada seseorang.

Jika wajan sudah usang dan berkarat, kebanyakan orang akan membuangnya dan membeli yang baru, tapi tidak sedikit juga yang tetap menggunakan wajan yang usang dan berkarat tersebut. Untuk itu, dibawah ini beberapa tips mengatasi karat dan lengket pada wajan dengan mudah.

 

 

1. Kentang

Mungkin banyak orang yang tidak menyangka jika kentang bisa menghilangkan karat pada wajan, tetapi nyatanya kandungan asam oksalat pada kentang sangat berguna dan bermanfaat untuk menghilangkan partikel karat pada wajan. Caranya sangat mudah, jika menggunakan kulit kentang, kita hanya perlu meletakkan kulit kentang pada bagian yang berkerak lalu tuang air hingga memenuhi setengah wajan dan biarkan sampai mendidih, karat pun akan menghilang. Kemudian  cara lainnya adalah dengan memarut kentang dan lumurkan pada bagian yang berkarat, setelah itu cuci bersih. Untuk hasil yang maksimal bisa tambahkan baking soda atau cuka.

 

2. Air Soda

Air soda sejatinya merupakan air putih dengan tambahan mineral dan padatan terlarut seperti sodium bikarbonat, sodium sitrat, dan disodium fosfat. Sama seperti kentang, kandungan asam pada soda terbukti mampu menghilangkan karat pada wajan. Ada banyak cara  yang dapat dilakukan,  yang pertama dengan menuangkan air soda ke bagian wajan yang berkarat. Cara lainnya adalah dengan menggosokan wajan dengan kain yang sudah di basahi dengan air soda.

 

3. Kunyit dan Bawang Merah

Gorengan memang sangat enak dan mudah dibuat. Namun karena gorengan mengandung tepung yang akan membuat wajan lengket, para Ibu jadi malas memasak sendiri dan memilih membeli gorengan di luar rumah. Sama halnya seperti menggoreng telur atau ikan, pasti seringkali wajan lengket dan bentuk makanan menjadi rusak. Untuk itu, kunyit dan bawang merah disini berperan untuk menghindari wajan lengket saat memasak. Caranya yaitu dengan mengoleskan kunyit atau bawang merah ke seluruh bagian dalam wajan. Selain membuat wajan anti lengket, kunyit dan bawang merah juga bisa menghilangkan bau amis dari masakan.

 

4. Baking Soda dan Jeruk Nipis

Kedua bahan ini terbukti ampuh mengangkat karat pada wajan. Baking soda yang mengandung antimikroba dan tekstur yang kasar serta jeruk nipis yang mengandung asam sitrus dan minyak esensial merupakan kombinasi yang tepat unuk menghilangkan karat pada wajan dalam sekejap. Cukup taburkan baking soda pada bagian yang berkarat, lalu gosoklah dengan air jeruk nipis. Karat dijamin akan mudah terlepas dan wajan pun akan terlihat seperti baru lagi.

 

 

 

 

Demikian cara mengatasi wajan yang berkarat dan lengket yang bisa diaplikasikan dirumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemui. Wajan yang berbahan logam atau besi memang rentan terhadap karat dan mudah lengket. Maka dari itu kebanyakan Ibu rumah tangga beralih ke wajan yang berbahan material enamel karena lebih anti karat dan mudah dibersihkan.  Untuk mendapatkan wajan masa kini yang berbahan material enamel, bisa Anda temui di jualelektronik.com yaitu Maxim Wajan Royal 40 CM.  Maxim Wajan Royal 40 CM  juga dijual di online maupun offline. Dapatkan produk kualitas ori harga bersaing hanya di JualElektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com