Cara Memperbaiki Regulator Kompor Gas

Cara Memperbaiki Regulator Kompor Gas

Ketika tabung gas berbunyi “sssstt” besar kemungkinan terjadi kebocoran gas. Kenapa bisa begitu? Apa yang harus dilakukan? Tabung gas yang bocor bisa terjadi karena pemasangan regulator belum sempurna atau karena pengait yang longgar. Sehingga, perlu dicek dan dipasang ulang. Bila pengait masih longgar, bisa diganti dengan yang baru.

Cari tahu apa saja bahaya kompor gas disini

Harga GASCOMP Regulator Meter Classic - GRC-2D

Kerusakan kompor gas menjadi faktor lain yang menyebabkan tabung gas mengeluarkan bunyi khas tersebut. Lantas, apa kah yang menyebabkan regulator bisa rusak?

Harga GASCOMP Regulator Meter Super Lock Putar - GRS-02 new arrival

Penyebab Regulator Yang Rusak

Tekanan udara pada selang kompor lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara di luar regulator. Selain itu, kerusakan pada regulator bisa terjadi karena karet seal di tuas sudah tak berfungsi lagi. Akhirnya, bunyi desis tak terhindarkan.

Ketahui selang kompor gas yang bagus disini

Harga Winn Gas Kompor Gas 2 Tungku Teflon - W 438A

Tak hanya karet seal yang bermasalah, regulator yang mampet pun bisa terjadi. Hal ini karena setelah pemasangan regulator ke tabung gas, kompor gas langsung dinyalakan tanpa ditunggu terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Regulator Kompor Gas Yang Mampet

Setelah memasang tabung gas, baiknya ditunggu sebentar, karena selepas tabung gas dipasang, regulator kompor akan mendeteksi adanya kebocoran pada tabung. Jika tak ada bunyi desis, kompor bisa dinyalakan. Atau bisa dengan melepas regulator dari tabung gas dan kompor, kemudian kepala regulator diketuk-ketuk dengan tangan sampai beberapa kali. Lalu, regulator kompor di pasang kembali.

Cara Memperbaiki Regulator Kompor Gas Yang Rusak

Regulator kompor gas yang bermasalah bisa diperbaiki dengan beberapa treatment. Mengganti regulator lama dengan yang baru adalah salah satunya. Tetapi, ada treatment lain untuk memperbaiki regulator kompor gas tersebut. Cara memperbaiki regulator kompor gas yang rusak itu seperti:

  • Lepaskan regulator dari tabung gas
  • Ambil atau lepaskan seal karet yang ada
  • Ganti karet seal yang lama dengan yang baru
  • Pasangkan kembali regulator pada tabung gas dengan hati-hati.

Salah satu komponen kompor gas yang bermasalah harus segera ditindaklanjuti sebelum mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya kerusakan regulator kompor yang menjadikan kebocoran gas. Jadi, apabila ditemui bunyi gas mendesis, segera lakukan tindak lanjut dengan melepaskan regulator kompor.

Hampir sebagian besar gas yang bocor dikarenakan regulator yang bermasalah. Diperlukan penangan yang cepat sebelum terlambat. Apalagi, cara memperbaiki regulator itu sendiri tidaklah sulit. Umumnya terjadi ketika pergantian tabung gas lama dengan yang baru. Setelah memasang tabung gas, baiknya ditunggu sebentar apakah benar-benar aman. Jika sudah, kompor bisa digunakan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kompor Gas yang Rusak