Kompor Gas Susah Hidup

Kompor Gas Susah Hidup

Kompor gas susah hidup merupakan salah satu permasalahan pada kompor. Mau tak mau, harus segera dicek dan diperbaiki. Jika knob terus saja diputar-putar tapi tidak menyala, akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi kompor gas tidak menyala itu?

Harga Kompor Gas Sanken 2 Tungku Stainless SG375PS

Sekali putaran knob dan api menyala merupakan pertanda kompor baik-baik saja. Tapi jika dalam beberapa kali putaran api bisa menyala itu adalah bagian dari kerusakan kompor yang ditandai dengan kompor gas sudah hidup. Cara memperbaiki kompor gas tersebut pun sederhana, seperti:

kompor tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai upaya sekaligus cara memperbaiki kompor gas yang susah menyala adalah mengecek komponen kompor. Mulai dari cara pemasangan tabung gas, hingga cek sparepart kompor. Terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kompor gas tidak menyala. Apa sajakah itu?

Pematik Kompor Gas Rusak

Kerusakan pada pematik kompor gas menjadikan aliran gas dari tabung yang menuju ke kompor tidak sampai ke corong api. Akibatnya, kompor susah untuk menyala. Bahkan harus diputar beberapa kali agar api bisa keluar dari burner. Kompor gas susah hidup ini bisa ditangani dengan mengecek komponen pematik. Jika pematiknya menggunakan baterai, berarti baterai sudah mau habis. Solusinya bisa segera mengganti dengan yang baru. Adapun model pematik mekanik tanpa baterai, bisa mengecek saluran sprayer yang mampet karena kerak. Sehingga gas tersumbat.

Baca juga: Kompor Gas Rusak

Pematik Api Kompor Gas Mati

Pematik yang rusak masih bisa diperbaiki. Tetapi untuk pematik api kompor gas yang mati harus segera diganti yang baru. Jika tidak, kompor gas tidak akan menyala. Spare part pematik tersebut pun bisa ditemukan di toko-toko terdekat, entah itu via online maupun offline.

Regulator Selang Kompor Yang Tersumbat

Setelah mengganti tabung yang lama dengan yang baru, baiknya ditunggu sebentar guna mengetahui adanya masalah ataukah aman-aman saja. Tidak hanya itu, pastikan selang dan regulator kompor gas dalam posisi yang benar agar aliran gas tidak tersumbat yang membuat gas tidak lancar.

Baca juga: Cara Perbaiki Kompor Gas