Mesin Kipas Angin

Mesin Kipas Angin

Sebagai peralatan elektronik rumah tangga, kipas angin tak luput dari serangkaian perawatan. Apalagi dalam penggunaan yang terlalu lama akan ada penurunan performa dan begitu berasa saat usia kipas lebih dari setahun ataupun dua tahun. Kinerja mesin kipas angin tak lagi sama seperti saat pertama kali dimiliki. Performa yang tak sama tersebut bisa semakin menurun jika kipas elektrik tersebut tak discover oleh perawatan penunjang.

Pemeliharaan kipas angin secara menyeluruh

Serangkaian penjagaan terhadap komponen kipas angin bisa dimulai dengan beberapa cara. Adapun perawatan mesin kipas secara general ialah sebagai berikut:

  • Pastikan pemakaian kipas secukupnya saja, jika sudah tak dimanfaatkan sebaikanya segera dioffkan. Selain lebih menghemat konsumsi listrik, mesin kipas angin juga akan lebih awet.
  • Posisikan kipas pada ruang yang tidak lembab dan tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung.
  • Hindari peletakan kipas dengan televisi karena bisa menimbulkan gaya elektromagnetik yang tak hanya merusak operasional kipas tetapi juga layar monitor pada tv itu sendiri.
  • Lakukan pembersihan secara berkala yang setidaknya selama dua minggu sekali. Seperti contohnya ialah membersihkan ruji-ruji, dan komponen eksterior kipas lainnya.

Perawatan mesin kipas angin secara spesifik

Memberikan perawatan pada mesin kipas secara lebih detail yakni pada bagian interior pun bisa dilakukan sendiri, seperti:

  • Pembersihan pada bagian baling-baling kipas, penutup kipas bagian depan maupun belakang. Gunakan kuas dan kain lap untuk mempermudah proses tersebut.
  • Berikan pelumas kipas angin pada bagian poros dinamo agar system bearing terjaga dengan baik.
  • perhatikan nilai kapasitor dengan melepas kabel lilitan yang terhubung ke dinamo. Gunakan avometer berskala 1k untuk mempermudah pengecekan. Jika kinerja dari kapasitor mulai melemah, segera ganti kapasitor dengan nilai yang tetaplah sama guna mengantisipasi melemahnya laju kipas angin.

Tiap bagian-bagian kipas angin tidaklah terlepas dari peran penting dalam menyempurnakan laju kipas itu sendiri. Karena itulah diperlukan adanya pemeliharaan secara menyeluruh agar tak memicu kerusakan pada komponen kipas angin dalam skala kecil maupun lebih. Satu bagian dengan yang lainnya akan saling berpengaruh terhadap kelancaran gerak kipas. Sehingga, haruslah ditunjang dengan adanya perawatan penunjang. Terlebih memang merawat menjadi cara memperbaiki kipas angin paling mudah sebelum penyejuk ruangan tersebut mengalami masalah.