Beberapa Mitos Tentang MPASI yang Sering Dipercaya

Beberapa Mitos Tentang MPASI yang Sering Dipercaya

Jualelektronik.com – MPASI atau Makanan Pendamping ASI memang wajib diberikan kepada balita yang sudah berusia 6 bulan. Pemberian MPASI ini berguna untuk memenuhi nutrisi tambahan yang tidak terdapat pada ASI yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi .Selain itu, pemberian MPASI juga bermanfaat untuk kemampuan otot-otot mulut dan motorik bayi.

Untuk Anda yang baru saja mempunyai bayi pasti bingung tentang pemberian MPASI dan mulai mencari-cari informasi tentang MPASI. Namun menurut Dr. Yoga Deavaera, Sp.A(K) pada laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada beberapa mitos tentang pemberian MPASI, apa sajakah itu?

1. Jangan Memberikan Makanan Yang Bertekstur Jika Anak Belum Punya Gigi

Saat kita memberikan MPASI kepada bayi, itu artinya kita ingin agar bayi bisa belajar mengunyah dan menelan. Bayi mempunyai periode emasnya masing-masing. Di 1 minggu pertama pemberian MPASI, memang disarankan untuk memberikan MPASI yang lembut seperti pure. Namun ketika bayi sudah mulai terbiasa, mulailah untuk mengenalkan bayi kepada makanan yang bertekstur.

Salah satunya adalah memberikan sayuran yang dikukus halus dalam bentuk finger food, makanan ini akan melatih dan mengembangkan kemampuan mengunyah bayi. Oleh karena itu, sebelum memberikan MPASI ada baiknya pelajari dulu jadwal pemberian MPASI kepada bayi dan bagaimana tekstur MPASI yang bisa kita berikan pada bayi. Jadi pernyataan ini adalah MITOS.

2. Kurangi Pemberian ASI Jika Sudah Mengonsumsi MPASI

Sampai saat ini, ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi sampai usianya 2 tahun. Namun ketika sudah berusia 6 bulan, bayi akan dikenalkan dengan makanan tambahan yaitu MPASI. Ini artinya ASI tetaplah penting dan harus tetap diberikan kepada bayi.

Frekuensi menyusui harus dipertahankan sama seperti awal, seperti yang direkomendasikan WHO. Sebelum memberi MPASI, seharusnya berikan ASI dulu kepada bayi, karena ASI adalah makanan utama bayi sampai berusia 2 tahun. Oleh karena itu, jangan kurangi pemberian ASI walaupun bayi sudah mengonsumsi MPASI ya Bunda. Jadi pernyataan ini adalah MITOS.

3. Berikan Buah & Sayur Saja Di Awal Pemberian MPASI

Memberikan buah dan sayur saja kepada bayi di awal pemberian MPASI dipercaya dapat membuat bayi tidak picky eater dan suka makan buah dan sayuran. Buah dan sayur memang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada anak, namun tidak ada bukti yang menjelaskan hal tersebut.

Justru, pemberian makanan yang bervariasi sangat bermanfaat bagi bayi dalam memberikan kecukupan gizi dan nutrisi. Selain itu, tujuan dari pemberian MPASI ini yaitu membuat kebutuhan nutrisi terpenuhi dan melatih kemampuan mengunyah bayi, jadi jenis makanan tidak menjadi persoalan, bebas memberikan makanan apa saja, asalkan sesuai dengan prosedur dan jadwal pemberian MPASI. Jadi pernyataan ini adalah MITOS.

4. Madu Wajib Diberikan Kepada Bayi Karena Sehat

Mitos ini tidak benar, jangan sekali-kali memberikan madu kepada bayi. Madu sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 12 bulan. Bakteri Clostridium botulinum yang mungkin terdapat dan mencemari madu akan mengakibatkan konstipasi pada bayi, membuat bayi lemas dan hilang nafsu makan, hingga gangguan pernapasan. Gejala yang disebabkan bakteri ini akan terjadi sekitar 3-30 hari setelah bayi mengonsumsi madu. 

Maka dari itu, bayi dibawah 12 bulan tidak boleh diberikan madu. Madu juga dapat menyerang sistem saraf bayi dan menyebabkan infant botulism, jika sudah parah maka dapat menyebabkan kematian akibat lemahnya otot napas bayi. Sebaiknya madu diberikan ketika bayi sudah berusia satu tahun lebih, saat itu pencernaan bayi akan lebih kuat pertahanannya terhadap bakteri-bakteri pencemar makanan. Jadi pernyataan ini adalah MITOS.

Itulah beberapa mitos tentang MPASI yang masih sering dipercaya oleh ibu-ibu muda. Apakah kini Anda masih tetap mempercayai mitos tersebut Untuk membuat MPASI selalu Gunakanlah food processor atau blender untuk menghaluskan makanan dan memberikan sentuhan hasil akhir yang lembut dan halus, sehingga cocok untuk membuat MPASI bagi bayi Anda.

Dapatkan food processor dan blender kualitas ori harga bersaing hanya di jualelektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com