Benarkah Terkadang Kita ‘Dibohongi’ Oleh Timbangan Berat Badan?

Benarkah Terkadang Kita ‘Dibohongi’ Oleh Timbangan Berat Badan?

JualElektronik.com – Seberapa sering Anda memperhatikan berat badan Anda? Berat badan pastinya sangat penting, terutama bagi para atlet yang harus menjaga berat badan ideal mereka atau profesi lainnya yang menuntut berat badan ideal. Sama halnya dengan para wanita yang selalu khawatir berat badan naik, namun memiliki nafsu makan yang tinggi. Apalagi saat sedang melakukan diet, kita seringkali selalu mengontrol berat badan. Jika naik 0,1 kilogram saja sudah jadi beban pikiran.

Tapi tahukah Anda, bahwa terkadang kita dibohongi oleh timbangan berat badan? Ternyata kondisi dan situasi yang kita alami bisa menjadi salah satu faktor kita terkena tipuan oleh timbangan berat badan. Mengapa bisa demikian dan bagaimana caranya agar kita tidak tertipu timbangan berat badan? Simak tipsnya dibawah ini!

1. Jangan Menimbang Setelah Makan Malam

Hal ini seringkali dilakukan dan dapat dipastikan hasil beratnya tidak akurat. Perlu diketahui bahwa tubuh kita terdiri dari berat otot, lemak, tulang, dan air. Timbangan mengukur berat semua komponen tersebut, itulah mengapa angkanya bisa naik dan turun, tidak stabil. Menimbang setelah makan malam apalagi makan besar sangat tidak disarankan, mengapa?

Asupan makanan dan minuman dapat membuat berat badan Anda naik hingga 1 kilogram. Bahkan meminum segelas air saja dapat membuat berat badan naik 200-250 gram, apalagi jika kita menimbang setelah makan. Setelah makan malam, kita pasti cenderung malas bergerak, selain itu berat akan naik karena proses pembakaran di malam hari tidak maksimal. Jadi jangan kaget jika berat badanmu naik drastis setelah makan malam.

“Saya melihat ribuan wanita menimbang berat badannya di pagi hari kemudian mereka menimbangnya di malam hari tapi hasilnya tiga kg lebih berat. Itu bisa saja terjadi,” kata dr Weaver seperti dikutip dari Body and Soul. Maka dari itu, jangan menganggap berat badanmu naik drastis ya, karena wajar saja berat naik setelah makan malam.

2. Jangan Menimbang Setiap Hari

Saat memiliki niat besar untuk menurunkan berat badan, kita pasti ingin melihat perkembangan berat badan setiap harinya. Hal tersebut membuat kita menimbang setiap hari dan akhirnya malah terobsesi untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Pakar nutrisi holistik dan biokimia, dr Libby Weaver, PhD mengatakan menimbang berat badannya rutin setiap hari tidak penting. dr Weaver berpendapat, ketika seseorang melihat angka di timbangan tidak sesuai dengan ekspektasinya, maka mereka bisa merasakan kegagalan. Akhirnya berat badan pun mengalami fluktuasi yang mungkin akan melebihi berat badan awal.

Periode yang tepat untuk menimbang berat badan adalah 3 hari sekali atau seminggu sekali, karena perubahannya akan lebih terasa dibandingkan mengontrol berat badan selama sehari-sehari.

3. Menimbang di waktu yang sama

Salah satu cara ampuh untuk mengetahui berat badan aktual Anda sehari-harinya adalah menimbang di waktu yang sama. Maksudnya adalah menimbang di jam yang sama dalam kondisi yang sama. Waktu yang tepat adalah saat pagi hari, setelah anda bangun tidur.

Dokter spesilis gizi klini Elite Club, Raissa Edwina Djuanda mengatakan, “Menimbang berat badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali di pagi hari. Jadi setelah bangun tidur, buang air kecil, gunakan pakaian yang ringan dan menimbang,” Saat kita tidur, seluruh kalori yang masuk ke tubuh akan terbakar sehingga berat badan menyusut. Selain itu, buang air kecil harus dilakukan, karena kandung kemih bisa menambah bobot hingga 1,5 kilogram.

4. Gunakan Timbangan Yang Sama & Akurat

Menimbang menggunakan timbangan yang berbeda-beda dapat menjadi faktor mengapa berat badanmu tidak stabil. Seringkali kita menimbang dirumah orang lain yang bisa jadi berbeda dengan milik kita. Bisa saja setting-nya tak sama dengan timbangan yang biasa kita gunakan karena setiap timbangan dapat bervariasi dalam hal akurasi.

Untuk itu gunakanlah timbangan yang sama dan aktual saat menimbang berat badan. Sebelum menggunakan timbangan sebaiknya cek dulu apakah timbangan tersebut masih bekerja dengan baik atau tidak. Anda bisa mendapatkan timbangan berat badan mulai dari yang analog hingga digital yang akurat dengan harga terjangkau di Jualelektronik.com.

Itulah dia beberapa tips untuk kalian yang sering tertipu ketika menimbang berat badan. Apakah Anda pernah melakukan salah satunya? 🙂

Jangan lupa untuk selalu mengandalkan JualElektronik.com sebagai toko yang tepat dan terpercaya dengan harga yang bersahabat untuk membeli timbangan berat badan dan home appliances lainnya. Anda dapat membeli produk elektronik secara offline maupun online di jualelektronik.com. Pembelian bisa langsung di website Jualelektronik.com, atau by offline dengan datang ke showroom Jualelektronik.com di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021.8068.2299, whatsapp 0818 0700 5080 dan email di info@Jualelektronik.com.