Bingung Mau Pilih Kompor Induksi atau Kompor Infrared? Ini Dia Perbedaannya

Bingung Mau Pilih Kompor Induksi atau Kompor Infrared? Ini Dia Perbedaannya

Jualelektronik.com – Kompor menjadi peralatan memasak yang sangat penting, tanpa kompor tentu saja kamu akan kesulitan untuk memasak. Apalagi saat ini sudah banyak jenis kompor yang bisa kamu temui, mulai dari kompor gas, kompor listrik, hingga kompor induksi dan kompor infrared. Jadi dengan banyaknya jenis kompor, sudah pasti lebih banyak lagi keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan kompor tertentu. Selain itu kita juga bisa memilih kompor manapun sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dari berbagai jenis kompor, yang mulai menarik perhatian di zaman modern ini adalah kompor induksi dan infrared. Jika di luar negeri, kompor jenis tersebut biasanya banyak digunakan untuk apartemen yang memang jarang menggunakan kompor gas, supaya lebih aman dan tidak memicu pencemaran udara. Selain itu, karena keduanya menggunakan energi listrik, jadi kamu yang tinggal di apartemen tidak perlu repot-repot membeli gas.

Namun, sebenarnya apakah perbedaan antara kedua kompor ini? Padahal jika dilihat sekilas, kompor ini hampir mirip bukan?

Perbandingan kompor infrared dengan kompor induksi

Oleh karena itu, hari ini Jualelektronik akan membahas mengenai perbedaan kompor induksi dan kompor infrared, supaya Kawan JE tidak bingung dan salah pilih saat ingin membeli kompor ini. Mau tau apa saja perbedaannya? Simak dibawah ini!

1. Alat Masak

Yang pertama yaitu alat masak, seperti wajan, kuali, frypan, dan lainnya. Namun untuk kompor induksi dan kompor infrared, alat masak yang bisa digunakan hanyalah alat masak yang permukaan bawahnya datar. Hal ini karena kompor ini tidak memiliki penumpu untuk alat masak yang permukaan bawahnya berbentuk bulat. Jadi hanya alat masak seperti frypan atau saucepan saja yang bisa digunakan.

Kompor induksi philips

Untuk kompor infrared, semua jenis bahan material alat masak bisa digunakan. Mulai dari teflon, stainless steel, marble, maupun besi, yang terpenting permukaannya datar. Berbeda dengan kompor induksi yang hanya bisa menggunakan alat masak berbahan material stainless steel. Jika menggunakan alat masak berbahan material lain, kompor induksi tidak akan menyala.

Jadi untuk kamu yang mempunyai peralatan masak rata-rata berbahan stainless steel, bisa menggunakan kompor induksi. Tapi jika Anda merasa kerepotan harus menyiapkan perlatan berbahan khusus, menggunakan kompor infrared adalah pilihan yang tepat.

2. Pemanas

Walaupun sama-sama menggunakan tenaga dari listrik, namun kompor induksi dan kompor infrared memiliki pemanas yang berbeda. Keduanya memang sama-sama tidak menggunakan api sebagai pemanas dan tidak menghasilkan asap yang berlebihan juga, jadi banyak yang mengira kompor induksi dan kompor infrared sama-sama menggunakan listrik sebagai pemanas.

Padahal kompor infrared tidak menggunakan listrik sebagai pemanas, sesuai namanya kompor infrared menggunakan infrared untuk pemanas. Apa itu infrared? Jika kalian menyalakan kompor pasti akan terlihat lingkaran merah memancar dari dalam kompor. Terlihat seperti bara api, namun itulah yang namanya infrared. Sedangkan kompor induksi menggunakan listrik sebagai pemanas. Inilah mengapa kompor induksi sering disebut kompor listrik, memang mirip namun bentuknya yang tidak sama.

Infrared pada kompor infrared

Lalu apa kelebihan dari menggunakan infrared sebagai pemanas? Faktanya, cahaya dari infrared bisa membuat panas menyebar lebih merata dan panas lebih cepat. Itulah mengapa kamu dilarang menyentuh permukaan kompor infrared jika sudah menyala. Berbeda dengan kompor induksi yang hanya panas disekitar lingkaran saja.

3. Keamanan

Jika melihat dari sisi pencemaran udara, kompor infrared dan kompor induksi memang sudah bisa dibilang aman. Karena tidak menggunakan api dan tidak menghasilkan asap terlalu banyak seperti menggunakan kompor gas.

Seperti yang sudah dibahas di poin kedua, menggunakan kompor infrared memang sedikit riskan, apalagi jika ada anak-anak dirumah kamu. Hal ini karena permukaan kompor infrared yang mudah panas dan tidak boleh disentuh ketika kompor sudah menyala.

Namun untuk kompor induksi panas hanya akan menyebar disekitar lingkaran saja, tidak ke semua permukaan kompor. Kompor induksi juga dilengkapi oleh child lock, sehingga aman digunakan di sekitar anak-anak.

Walaupun begitu, kompor infrared juga memiliki sistem lock dan berbagai instalasi perlindungan yang bisa meningkatkan keamanan. Tapi ada baiknya kamu menjaga keamanan saat menggunakan kompor apapun.

Perbandingan kompor infrared dan kompor induksi

Itulah dia beberapa perbedaan dari kompor induksi dan kompor infrared. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pemakaian dan kebutuhan. Jadi kamu lebih suka yang mana? Kompor induksi atau kompor infrared?

Untuk kamu yang tertarik dengan salah satunya, kamu bisa dapatkan kompor induksi dan kompor infrared berkualitas, original dan harga bersahabat hanya di jualelektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@catur.co.id

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *