Cara Merakit Kipas Angin

Cara Merakit Kipas Angin

Di era yang serba maju ini, kebutuhan alat elektronik tak lagi sekunder ataupun tersier melainkan pokok. Begitu pula dengan kipas elektrik penghasil angin secara otomatis yang dimanfaatkan sebagai penyejuk ruangan. Berbeda dengan air conditioner yang sama-sama bisa memberikan kesejukan, kipas angin lebih praktis, ekonomis dan portable. Di tambah dengan banyaknya model serta cara merakit kipas angin itu sendiri yang cukuplah mudah.

Memasang kipas elektronik khususnya wall fan dan kipas langit-langit cenderung lebih lama dibandingkan dengan stand fan ataupun desk fan. Kipas angin duduk cukup dengan diposisikan pada alas datar yang dapat ditempati oleh kipas dengan lebih leluasa. Seperti di atas meja, lantai, kursi dan lainnya. Tak jauh berbeda dengan kipas berdiri tetapi lebih dikhususkan untuk di atas lantai. Jadinya, kedua tipe kipas tersebut lebih memiliki cara pemasangan yang mudah.

Cara memasang kipas angin plafon

Cara pasang kipas angin langit-langit tidaklah rumit, tetapi membutuhkan beberapa tahapan, meliputi berikut:

  • Persiapkan terlebih dahulu kipas yang akan dipasang dalam kondisi siap. Biasanya, komponen kipas angin gantung terpisah dan dirakit sendiri. Cara merakit kipas angin plafon tersebut dimulai dengan mengambil gagang atau kepala kipas, lalu sayap-sayap dipasangkan di bagian lubang yakni di sekitar sisi melingkar pada gagang. Jika ada aksesorisnya, bisa disusun sekalian. Barulah, setelah fix, kipas siap untuk dipasang.
  • Pastikan kabel listrik dalam kondisi off.
  • Cari titik tengah atau fifting untuk tempat kipas angin.
  • Pasang kipas pada bagian lubang dan kencangkan dengan baut yang ada. Pastikan mengajak pihak lain untuk membantu, agar pemasangan kipas lebih aman dan mudah. Begitu pula dengan kabel yang terurai bisa diikat dengan sekrup dan sampai nantinya sampai pada titik stop kontak.
  • Pastikan telah kipas dalam keadaan fix sebelum mulai dinyalakan.

Cara memasang kipas angin dinding

Cara pasang kipas angin tembok pun butuh beberapa langkah, yang antara lain ialah:

  • Persiapkan kipas dinding yang akan dipasang.
  • Tentukan dan buatlah titik lokasi yang aman dan nyaman untuk menempatkan wall fan itu sendiri. Pastikan tak jauh-jauh dari stop kontak untuk menghubungkan arus listrik pada kipas tersebut.
  • Tempatkan kipas pada titik yang telah ditentukan dan ikat dengan sekrup ataupun baut, lalu kencangkan.
  • Nyalakan kipas jika pemasangan telah fix.

Baca juga cara memperbaiki kipas angin.