Jadi Koki Profesional Di Rumah Dalam Sekejap Dengan 5 Trik Ini

Jadi Koki Profesional Di Rumah Dalam Sekejap Dengan 5 Trik Ini

JualElektronik.com – Menjadi Ibu rumah tangga memang tidak mudah, selain harus mengurus anak dan suami, para ibu rumah tangga juga berkewajiban untuk memenuhi asupan makanan bagi keluarganya. Dari menyiapkan sarapan di pagi hari, bekal untuk anak dan suami, makan siang, makan malam, hingga cemilan. Oleh karena itu, ibu rumah tangga pun hampir bisa disamakan dengan koki di restoran karena kemampuan memasaknya.

Namun, di zaman yang serba praktis ini, kebanyakan ibu rumah tangga mulai mencari cara-cara efisien dan praktis supaya menghemat waktu dan tenaga. Seperti menyiapkan makanan jadi untuk disajikan di rumah, membeli makanan instant, hingga menggunakan trik di dapur agar memasak lebih menyenangkan dan tidak merepotkan. Beberapa trik ini juga dapat membantu Anda mendapatkan hasil masakan sempurna serta menghemat pengeluaran loh. Mau tau apa saja triknya? Baca dibawah ini ya!

 

Mengupas Bawang Putih Tanpa Repot

Bawang putih memang terkadang menjengkelkan karena bau menyengat yang dimilikinya, apalagi jika sesudah mengupas bawang putih, pasti tangan kita akan bau bawang dan susah hilang walaupun sudah dibilas air. Tapi bahan dapur satu ini berperan penting dalam masakan, karena akan memberikan cita rasa gurih pada masakan. Bawang putih mentah juga sangat baik untuk kesehatan karena dengan mengonsumsi 1 butir bawang putih mentah setiap harinya akan meminimalisir potensi kanker di tubuh kita.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengupas bawang putih tanpa repot? Caranya Anda harus menghancurkan dulu bawang putih dengan digeprek menggunakan pisau atau piring. Lalu letakkan bawang putih yang sudah digeprek ke dalam wadah tertutup. Goyang-goyangkan wadah dan kulit bawang putih pun akan terlepas sendiri. Bagaimana? Praktis kan ūüôā

Cara Ajaib Mencegah Luapan Air Di Panci

Saat membuat rebusan dalam panci seperti merebus ayam atau mie pasti busa yang dihasilkan akan meluap sehingga air rebusan akan tumpah disekitar kompor dan mengotori kompor kita. Hal ini sangat menjengkelkan, karena mengharuskan kita untuk membersihkan kompor yang kebanjiran air rebusan. Apalagi jika panci sampai gosong dan memunculkan noda hitam disekitar pantat panci.
Namun ada cara ajaib untuk menghentikan luapan air ini. Alat yang Anda butuhkan cukup simpel dan ada di dapur, yaitu spatula kayu di atas pancimu. Spatula ini akan berfungsi sebagai penghalang, busa-busa yang dihasilkan pada air rebusan akan pecah saat menyentuh spatula kayu, sehingga air pun tidak akan meluap dan tumpah ke kompor.

Tidak ada penjelasan yang rinci mengenai hal ini, tapi yang pasti karena busa-busa yang pecah tersebut alhasil udara memberi tenaga air buat naik ke atas itu tidak akan melewati batas panci. Hal ini hanya berlaku untuk spatula atau sendok kayu ya, bukan besi, karena besi mudah panas.

 

Membuat Pare Agar Tidak Pahit

Rasanya yang pahit memang seringkali membuat sayuran sehat ini tidak disukai oleh banyak orang. Berbagai cara pasti pernah Anda lakukan agar olahan pare buatan Anda tidak pahit dan rasanya enak.
Namun ternyata menghilangkan rasa pahit dari pare sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan air asam atau air garam. Pare yang bersifat basa karena rasanya yang pahit, tentu saja akan berkurang dengan sifat asam dari air asam, begitupun dengan ditambahkan air garam.

Cukup potong pare menjadi dua bagian lalu keluarkan bijinya, karena biji pare membuat pare semakin pahit ketika dimasak. Setelah itu, iris-iris tipis pare dan didihkan air asam atau air garam. Rendam irisan pare ke dalam rebusan air asam atau air garam selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu tiriskan dan pare pun bias ditumis. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa getir pada pare. Selain itu banyak cara lain yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan rasa pahit pare, yaitu dengan menggunakan gula atau cuka.

 

Cara Membuat Gorengan Tetap Renyah

Membuat gorengan memang gampang-gampang susah karena akan sulit mempertahankan kerenyahan gorengan walaupun sudah dingin dan sudah lama. Hal ini membuat banyaknya pedagang gorengan curang bermunculan dengan menggunakan bahan-bahan berbahaya agar gorengan awet dan tetap renyah. Tapi tenang saja, ada trik yang bisa Anda lakukan dirumah tanpa harus membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Kebanyakan orang pasti membumbui dulu masakan mereka sebelum digoreng, seperti membuat ayam goreng tepung dengan garam yang banyak atau kentang goreng. Namun ternyata garamlah yang menjadi alasan mengapa gorengan Anda tidak tahan lama.

Garam yang bersentuhan dengan minyak panas akan menurunkan titik asap minyak sehingga makanan tidak akan garing . Sebaiknya jangan membumbui makanan terlalu banyak dengan garam atau bubuhkan garam setelah digoreng, karena garam akan menarik kelembapan ke permukaan makanan sehingga tekstur gorengan Anda jadi basah dan lembek.

 

Mendapatkan Telur Rebus Dengan Tingkat Kematangan Sempurna Sesuai Selera

Apakah Anda lebih menyukai kuning telur rebus yang matang atau setengah matang? Pasti Anda pernah merebus telur lalu mendapatkan hasil yang kurang matang atau terlalu matang dan hal tersebut sangat menjengkelkan.

Saat merebus telur, jangan masukkan telur kedalam air yang belum mendidih. Namun didihkan dulu air, baru masukkan telur. Setelah itu gunakan stopwatch atau alat penghitung waktu dan tentukan sendiri tingkat kematangan kuning telur Anda seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu siapkan air dingin yang sudah ditambahkan 1 sendok garam dan celupkan telur yang sudah matang. Air dingin akan membantu telur rebus memiliki kematangan yang tepat sesuai keinginan Anda dan garam garam akan membuat titik beku air menurun sehingga mempercepat proses pendinginan.

 

Wah ternyata banyak sekali ya hal unik dan praktis yang bisa kita lakukan saat memasak di dapur. Trik diatas bisa membantu mengatasi masalah Anda di dapur nih, jadi jangan lupa coba trik tersebut ya. ūüôā

Jangan lupa untuk selalu mengandalkan JualElektronik.com sebagai toko yang tepat dan terpercaya dengan harga yang bersahabat untuk membeli alat-alat memasak di dapur Anda. Anda dapat membeli produk elektronik secara offline maupun online di jualelektronik.com. Pembelian bisa langsung di website Jualelektronik.com, atau by offline dengan datang ke showroom Jualelektronik.com di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021.8068.2299, whatsapp 0818 0700 5080 dan email di info@Jualelektronik.com.