As Kipas Angin

As Kipas Angin

Seiring berjalannya waktu, pemakaian kipas angin secara terus menerus ternyata tak lagi sama seperti sedia kala. Umumnya, terjadi selepas setahun hingga tiga tahun dan menjadikan laju kerja kipas elektrik menurun. Bisa dari putaran kipas yang kian lambat, putaran menjadi macet, bahkan mati meskipun kadang-kadang. Perihal tersebut bisa terjadi karena terdapat komponen kipas angin yang mengalami masalah.

Permasalahan pada kipas angin bisa dipengaruhi oleh banyak hal. As kipas angin merupakan salah satu bagian yang beresiko rusak. Dimana as rotor berperan penting dalam memperlancar putaran kipas itu sendiri. Jika gerak kipas elektrik terkendala, bagian as baiknya dicek terlebih dahulu. Adapun tanda-tanda kerusakan pada as kipas angin itu ialah:

  • Terjadi aus pada as, yangmana aus itu bisa dicek melalui menggosok pada bagian bosy yang bergaris-garis sampai halus. Selepas itu, diamkan dan nantinya muncul garis-garis yang bertambah banyak. Solusinya ialah mengganti gulungan kumparan yang ada pada as kipas itu, jika rusak parah bisa diganti.
  • Minyak pada as kipas angin yang telah mengering dan bisa ditangani dengan mengoleskan pelumas. Adapun pelumas kipas angin yang terbaik adalah pelumas mesin jahit, bukan yang lain.
  • As kipas yang kotor bisa dibersihkan dengan kuas ataupun kain yang menunjang.

Selain pada bagian as kipas, terdapat komponen kipas angin lain yang sama-sama berpeluang untuk rusak. Dengan kata lain, tak hanya bagian as rotor saja yang dicek, tetapi juga lain-lainnya. Sehingga, kendala yang membuat kipas elektrik tak bisa berfungsi dengan normal terselesaikan sampai clear. Kendati demikian, bentuk perawatan kipas angin akan lebih menunjang jika diaplikasikan secara teratur. Jadinya, kerusakan bisa diminimalisir.

Bentuk-bentuk kerusakan pada kipas angin yang ringan hingga yang berat dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Tak berfungsinya as kipas seperti biasanya adalah salah satunya. Di samping itu, perawatan pada kipas elektrik tak hanya difokuskan pada as motor saja, tapi juga keseluruhan. Alhasil, dari perawatan yang menunjang, masalah pada kipas dapat ditekan atau berkurang.

Baca juga cara memperbaiki kipas angin.