Jenis-Jenis Kipas Angin

Jenis-Jenis Kipas Angin

Terdapat banyak sekali jenis-jenis kipas angin yang bisa ditemui di pasaran seperti wall fan, desk fan, standing fan, ceiling dan air cooler. Masing-masing mempunyai karakteristik yang sama meskipun berperan dalam menyejukan suatu ruang. Justru dari ketidaksamaan kriteria tersebut menjadikan pemenuhan penyejuk ruangan lebih spesifik. Artinya, keperluan untuk menekan sense gerah dan cuaca panas yang ada bisa lebih optimal. Adapun beberapa model kipas angin tersebut ialah:

Air cooler

Adalah kipas angin dengan tangki yang diisi dengan air dingin dengan gel beku untuk menghasilkan angin yang lebih sejuk dan dingin. Hembusan angin tersebut akan bekerja dalam menyejukan ruang selama tabung berisi air. Saat tangki telah kosong, maka air cooler akan beroperasi layaknya kipas angin biasa.

Sebagai model kipas angin terbaru, air cooler bekerja secara two in one. Pertama bekerja sebagai pendingin ruangan yang performa freshnya hampir sebanding dengan kesejukan dari air conditioner. Tetapi, air cooler lebih ekonomis dari segi biaya pembelian, tagihan dan konsumsi listrik. Bahkan, penyejuk ruangan satu ini lebih higinies karena air dan angin sebelum keluar difilter terlebih dahulu. Kedua ialah sebagai kipas angin biasa, tepatnya saat tangki telah berisi air.

Dalam operasionalnya, air cooler memang tak bisa jauh-jauh dari isi tabung dengan air guna memperoleh performa maksimal dari sebuah pendingin ruangan. Di samping itu, kipas angin istimewa ini bisa diposisikan di dalam ruang mana saja, tetapi harus di ruangan dengan ventilasi udara yang bagus. Jadi sirkulasi udara di dalam ruang berjalan lancar.

Adapun kipas angin seperti ac anda dapat membaca artikelnya disini atau artikel mengenai harga kipas angin ac dapat anda lihat juga disini

Desk fan

Merupakan kipas angin duduk yang umumnya diposisikan di atas meja. Model kipas angin ini khas dengan bodynya yang pendek. Jadinya, pengguna perlu menyesuaikan tata letak berdasarkan dengan pemakaian yang lebih efektif. Macam-macam kipas angin duduk ada tiga, yakni biasa, 2 in 1, dan 3 in 1. Dimana kipas elektrik tersebut bisa disetting menjadi kipas dinding dan bisa pula kipas berdiri. Tipe kipas angin multifungsi itu telah berkembang dan merupakan bagian dari variasi baru.

Standing fan

Ialah kipas elektrik dengan body yang paling tinggi diantara tipe kipas angin lainnya. Begitu pun dengan bentuk kaki kipas yang lebih kokoh dan tangguh untuk menompang bagian atas. Tak terhenti di situ saja, standing fan tampil kian inovatif dengan model multifungsi. Yakni kipas angin berdiri yang bisa diubah ke kipas duduk saja ataupun menjadi kipas dinding juga.

Wall fan

Seperti sebutannya, kipas angin ini ditempatkan pada dinding yang menghadap ke bawah dengan penompang ke samping. Dengan posisi yang agak ke atas, kipas ini dilengkapi oleh pengontrol portable berupa remote. Selain itu ada pula model untaian tali yang merupakan switch kipas model lama. Model switch tersebutlah yang menjadi bagian pemilihan kipas tembok sebelum disetujui.

Kipas langit-langit

Merupakan kipas elektrik yang ditempatkan khusus di plafon suatu ruangan. Kipas langit-langit ini tampil dengan dua varian, yakni:

  • Kipas angin dengan lampu adalah ceiling fan yang discover pula dengan lampu entah itu berjumlah satu ataupun lebih. Lampu itupun bisa menyala dan bisa diandalkan sebagai pencahayaan ruangan.
  • Kipas angin biasa yakni ceiling fan dengan baling-baling kipas tanpa adanya lampu.

Mungkin banyak sekali macam-macam kipas angin yang membuat anda bingung untuk memilih mana kipas angin yang tepat untuk anda gunakan, walaupun memiliki fungsi yang sama anda juga harus dapat menetapkan pilihan sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan.