Penyebab Api Kompor Gas Berwarna Merah

Penyebab Api Kompor Gas Berwarna Merah

Diperkenalkannya kompor gas api biru sebagai pengapian terbaik menjadi sisi yang menarik. Sebagian besar ketertarikan konsumen pun lebih memprioritaskan api kompor berwarna biru. Tapi begitu, terdapat pula alat masak dengan warna api dan juga merah. Berbanding lurus dengan produsen kompor yang turut memproduksi kompor dapur api biru.

Cari tahu juga: Cara Merawat Kompor Gas

Harga Kompor Gas Electrolux 2 Tungku ETG71X api biru

Kenapa Api Kompor Gas Biru?

Api yang keluar dari tungku kompor bisa berwarna biru dikarenakan adanya senyawa hidro karbon yang rendah di dalam tabung gas. Alhasil, gas yang keluar dari burner berubah menjadi api biru. Dengan api biru itu pula, peralatan masak yang digunakan lebih terminimalisir dari gosong. Lalu, bagaimanakah jika api yang semula biru berubah jadi merah? Bahayakah?

Baca juga bahaya kompor gas disini

kompor tanam

Penyebab Api Kompor Gas Berwarna Merah

Perubahan warna api kompor bisa terjadi secara sebagian maupun keseluruhan. Rupanya, api kompor gas bewarna merah itu adalah tanda dari kadar hidro karbon dari dalam tabung gas yang tinggi. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • Corong api atau burner yang kotor karena endapan kerak. Kotoran pada corong api memicu kadar hidro karbon yang tinggi. Sehingga saat api keluar berwarna merah.
  • Kerak pada tungku yang mengandung tinggi senyawa hidro karbon. Berpengaruh pada api kompor gas merah.
  • Sprayer yang kotor maupun tersumbat.

api-kompor-nerah

Bagaimana Cara Memperbaiki Kompor Gas Api Merah

Api kompor gas merah menjadi permasalahan tersendiri. Seperti peralatan masak jadi gosong hingga api kompor yang beresiko jadi mati. Ketika ditemui kompor gas api merah, tindakan perbaikan lebih lanjut perlu dilakukan. Adapun cara sederhana sebagai bentuk perbaikan untuk api kompor gas berwarna merah itu seperti:

  • Kenali terlebih dahulu penyebab api kompor gas merah. Bisa dimulai dari mengecek tungku dan burner kompor. Jika ditemui adanya kerak, bersihkan segera
  • Cek bagian sprayer, barangkali ada kotoran yang menyumbat.

Mengkondisikan perawatan pada kompor menjadi bentuk perbaikan yang simple namun memiliki efek yang bagus. Kompor yang dijaga lebih terminimalisir dari resiko kerusakan maupun permasalahan seperti api kompor gas berwarna merah. Jika pun masih ditemui permasalahan berupa api kompor gas merah, perbaikan lebih lanjut pun segera dilakukan. Seperti mengecek komponen kompor, membersihkan kerak yang mengotori dan tindakan lainnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Gas