Kegunaan Kipas Angin

Kegunaan Kipas Angin

Kipas angin merupakan salah satu benda ajaib penghasil hembusan angin secara otomatis. Terbagi menjadi beberapa model seperti kipas angin gantung atau plafon, dinding, duduk dan berdiri. Jenis-jenis kipas elektrik tersebut memiliki kriteria yang tak sama. Soal fungsi, tidaklah jauh berbeda dan kegunaan kipas angin itu sendiri ada banyak, seperti di bawah ini:

Menjaga aliran sirkulasi udara agar lancar

Angin yang dikeluarkan dari kipas elektrik mampu mengkondisikan udara yang engap di suatu ruang. Secara otomatis, udara di dalam rumah terjaga dengan baik. Apalagi pada tempat tinggal yang ventilasi udaranya cukup terbatas. Kondisi ruang pun akan terasa panas dan engap. Tetapi dengan menyalakan kipas, hembusan angin yang keluar akan mengubah sense begah yang ada menjadi bersih dan comfortable.

Menyejukkan ruangan

Saat udara panas tak dapat dihindari, gerah dan tak nyaman sudah pasti ada. Dengan kipas elektrik, angin yang dikeluarkan mampu menetralisir dan menggeser panas suatu ruang menjadi sejuk. Jadinya tak selalu harus mengandalkan air conditioner jika menginginkan adanya suasana ruang yang sejuk dan bersih. Penggunaan kipas angin terasa nyaman, sejuk, tanpa harus bayar maksimal.

Menciptakan udara yang bersih dan sehat

Oksigen merupakan unsur yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernafas. System pernafasan bisa terganggu karena sirkulasi ruang yang tak baik. Tetapi dengan adanya kipas angin, udara yang engap dan panas bisa ternetralisir. Hingga akhirnya, kebutuhan udara untuk bernafas tak hanya tercukupi, tetapi juga sehat dan higienis. Apalagi, oksigen yang dibutuhkan saat udara begitu panas sangat terbatas. Dengan kipas angin, kualitas oksigen pun turut dikondisikan dengan baik. Manfaat kipas angin yang demikian ini sangat pas untuk diaplikasikan di setiap rumah.

Sebagai pengusir nyamuk

Seperti yang diketahui bahwa nyamuk bisa dimana saja dan kapan saja. Serangan nyamuk menimbulkan adanya ketidaknyamanan, bukan? Paparan udara yang dihasilkan oleh kipas angin bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk jauh-jauh. Perihal ini dikarenakan angin yang berasal dari kipas terasa seperti badai yang menerjang. Secara otomatis, ketidaknyamanan begitu dirasakan oleh si nyamuk. Jadinya, nyamuk pun pergi. Fungsi kipas angin yang demikian bisa dimanfaatkan secara praktis.

Pengering otomatis tanpa sinar matahari

Pakaian belum kering tetapi harus dipakai sebentar lagi. Gawat, bukan? Tak perlu cemas, angin sepoi-sepoi hingga yang paling gahar pada kipas elektrik siap untuk diandalkan. Proses penguapan dimana air yang ada pada baju terangkat dan terbang dengan bebas. Evaporasi ini seringkali diaplikasikan, terutama saat musim hujan dimana panas matahari sangat sulit ditemui. Sehingga, guna kipas angin tak hanya di musim panas tetapi juga penghujan.

Menghilangkan bau tak sedap di suatu ruang tertutup

Meninggalkan rumah seharian dan cukup lama, maka saat dibuka akan tercium aropa kurang enak. Adalah hal yang wajar dan saat kipas angin dinyalakan, pengap tersebutpun akan menghilang. Aroma semakin terasa saat ventilasi pada ruang sangatlah minim. Dari sini, peran kipas anin sangatlah diperlukan untuk membuang udara pengap dengan yang fresh. Apalagi, ditambahkan pengharum yang nantinya akan menyebarluaskan aroma wangi ke seluruh ruang.

Cari tahu lebih banyak mengenai macam-macam kipas angin