Mau Memasang Cooker Hood? Simak Hal-hal Penting Ini!

Mau Memasang Cooker Hood? Simak Hal-hal Penting Ini!

JualElektronik.com – Terkadang ketika memasak pasti udara di dapur menjadi pengap dan panas, ditambah lagi dengan bau amis dari makanan. Asap dan bau tak sedap dari proses kegiatas memasak memang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan pertukaran udara di dapur. Namun tak semua dapur mempunyai ventilasi udara, seperti dapur di apartemen dan restoran, maka seringkali Cooker Hood digunakan.

Apa itu Cooker HoodCooker Hood disebut juga penghisap asap dapur, dari namanya saja pasti sudah terbayang apa fungsi dan kegunaan dari alat dapur satu ini. Cooker Hood sudah menjadi salah satu perlengkapan dapur yang wajib dimiliki di dapur yang tidak mempunyai ventilasi udara. Tetapi tak semua jenis Cooker Hood cocok didapur anda dan memasang Cooker Hood juga tak boleh sembarangan, maka dari itu berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memasang Cooker Hood di dapur anda.

 

1. Jenis Cooker Hood

Sebelum membeli Cooker Hood, Anda harus perhatikan jenis Cooker Hood yang cocok dengan dapur Anda. Jangan asal beli Cooker Hood hanya karena tertarik pada bentuknya yang bagus. Karena jenis Cooker Hood yang tidak sesuai dengan dapur juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal untuk dapur Anda dan juga hanya akan memenuhi tempat pada dapur Anda jika dapur Anda tidak terlalu luas.

Baca juga: Dua Jenis Cooker Hood Yang Belum Anda Ketahui

 

2.Ukuran Cooker Hood

Ukuran Cooker Hood harus sesuai dengan ukuran dapur dan kompor anda. Jangan membeli Cooker Hood yang terlalu besar jika dapur anda tidak luas dan tak sesuai dengan ukuran kompor yang kecil. Cooker Hood yang terlalu kecil juga tak akan bekerja maksimal jika tak sesuai dengan ukuran kompor yang besar dan dapur yang luas.

 

3. Area Pemasangan Harus Kuat

Cooker Hood dipasang menempel pada dinding atau plafon. Sebelum memasang Cooker Hood pastikan dinding atau plafon rumah Anda kuat untuk menahan beban dari Cooker Hood. Jenis plafon yang cukup kuat menahan beban antara lain  beton rangka besi siku atau besi hollow yang terhubung ke balok beton. Jika area pemasangan tidak kuat, maka kemungkinan akan terjadi kecelakaan dapur seperti Cooker Hood terjatuh dan sebagainya.

 

4. Atur Jarak Dengan Kompor

Jarak Cooker Hood dengan kompor harus diperhatikan dan harus disesuaikan dengan jenis dari kompor yang anda gunakan. Untuk kompor gas biasa, Anda bisa mengatur jarak tidak kurang dari 70 cm dan untuk kompor listrik, jarak idealnya tak kurang dari 60 cm.

 

 

Demikian beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memasang Cooker Hood dirumah. Seperti yang diketahui, Cooker Hood sangat berguna bagi kegiatan memasak didapur.Apakah Anda tertarik menggunakan Cooker Hood?  JualElektronik.com menjual berbagai jenis Cooker Hood yang bisa Anda sesuaikan untuk dapur anda. Kini, Rinnai RH90ERG – Cooker Hood 90 Cm hadir untuk melengkapi dapur Anda. Dapatkan produk Rinnai RH90ERG – Cooker Hood 90 Cm kualitas ori harga bersaing hanya di JualElektronik.com.  Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com