Nyala Kompor Gas Merah

Nyala Kompor Gas Merah

Api biru merupakan pengapian yang sempurna dari kadar oksegn dalam jumlah banyak. Lalu, bagaimana jika warna api merah tidak biru lagi? Terdapat penyebab kompor gas api merah yang harus segera ditangani agar nyala kompor gas merah semakin menjadi-jadi. Karena bisa berakibat buruk seperti timbulnya jelaga pada perabotan masakan, memasak lebih lambat karena panas yang dihasilkan api kurang maksimal dan boros gas karena jumlah gas yang dikeluarkan sama tapi hasilnya menurun karena nyala kompor gas merah.

api-kompor-nerah

Cari tahu juga: Cara Memperbaiki Kompor Gas

Kenapa Warna Api Merah

Kompor gas api merah itu sendiri merupakan efek yang ditimbulkan karena kadar oksigen pada kompor berkurang. Gas yang bercampur dengan kandungan minim oksigen akan berubah jadi api merah, bukan biru. Api kompor gas berwarna merah pun bisa sebagian bisa juga keseluruhan.

Penyebab Kompor Gas Api Merah

Api kompor gas merah itu bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti:

  • Tungku maupun corong api yang dipenuhi oleh kerak, sehingga gas yang keluar tercemari oleh kerak-kerak tersebut
  • Perabotan dapur yang memiliki banyak jelaga. Sehingga api yang keluar menatap langsung ke arah alat masak, menjadikan api yang semua biru jadi merah

Cara Mengatasi Api Kompor Gas Merah

Kerak dan jelaga menjadi penyebab kompor gas api merah. Untuk mendapatkan nyala kompor gas biru lagi, caranya sangat mudah yaitu:

  • Bersihkan corong api dan tungku kompor dari kerak-kerak yang menempel
  • Pastikan kompor gas selalu terjaga kebersihannya. Bersihkan secara teratur agar kerak tidak menumpuk
  • Bersihkan juga jelaga yang ada pada alat-alat masaka. Jika dibiarkan menumpuk sedikit saja, maka akan semakin bertambah banyak dan menyebabkan nyala kompor gas merah.

Cari tahu lebih lanjut tips membersihkan kompor gas disini