Bahaya Makanan Yang Dipanggang Dengan Arang

Bahaya Makanan Yang Dipanggang Dengan Arang

JualElektronik.com – Menghabiskan waktu dengan keluarga di akhir tahun menjadi momen pas untuk menutup tahun ini. Akhir tahun memang identik dengan kegiatan bakar-bakar dan panggang memanggang. Banyak menu yang menjadi andalan seperti ayam bakar, ikan bakar, sate bakar, dan masih banyak lagi.

 

Tetapi makanan yang dibakar atau dipanggang ini menjadi bibit dari segala macam penyakit berbahaya seperti kanker, apalagi makanan yang dibakar atau dipanggang menggunakan arang. Ketika memasuki restoran atau tempat makan yang dipenuhi aroma makanan yang dibakar pasti akan menggugah selera kita. Karena pada dasarnya membakar atau memanggang makanan menggunakan arang akan membuat makanan menjadi lebih wangi dan lebih enak rasanya. Namun dibalik enaknya makanan yang dibakar dengan arang, terselubung dampak berbahaya bagi tubuh kita.

Mengapa Berbahaya Memanggang Makanan Menggunakan Arang?

Dunia medis sudah memperingatkan akan bahaya makanan dibakar menggunakan arang, mengkonsumsi makanan yang dibakar berpotensi menyebabkan tertelannya bagian – bagian makanan yang gosong. Bagian yang gosong berwarna hitam inilah yang dapat menyebabkan kanker.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dr. Djoko Agus Purwanto, Apt mengatakan di dalam arang terdapat atom karbon. Karbon ini termasuk dalam golongan karsinogenik yang memicu penyakit kanker bila digunakan dalam jumlah yang besar dan secara terus-menerus. Bayangkan jika dalam satu malam kita memakan makanan yang dibakar dengan arang dalam jumlah banyak, sudah berapa banyak zat karsinogenik yang menumpuk di dalam tubuh kita?

Karena pemanggang arang juga tidak bisa kita atur suhunya, maka terkadang makanan yang kita bakar akan sedikit gosong dan timbul bercak-bercak hitam tanda gosong akibat suhu terlalu tinggi. Makanan yang terpapar suhu terlalu tinggi akan memicu terbentuknya heterocyclic amines atau HCAs, senyawa kimia yang muncul dari daging jika dimasak pada suhu tinggi. Daging yang dibakar sampai kehitaman itu tandanya banyak mengandung HCAs.

 

Bagaimanakah Caranya Memanggang Makanan Agar Tetap Sehat Dan Bebas Karbon?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika tetap ingin makan makanan yang dibakar atau dipanggang tapi tanpa khawatir akan dampak berbahaya dari makanan bakaran.

Yang pertama, Anda bisa membuang bagian yang gosong dan berwarna hitam dari makanan yang dibakar. Tidak disarankan untuk memakan bagian hitam yang gosong karena itu sama saja kita memakan karbon yang berasal dari arang yang dibakar. Cara ini mungkin mulai banyak dilakukan orang banyak walaupun tidak mengurangi dampak dari asap pembakaran arang.

Yang kedua, mengganti alat panggangan arang anda dengan panganggan listrik atau gas. Menurut Eating Well, ketiga pemanggang ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, mulai rasa, biaya dan kenyamanan saat penggunaannya. Setidaknya dengan menggunakan pemanggang gas atau listrik, efek samping asap dan karbon dari pemanggang arang akan terminimalisir.

 

Harganya memang lebih mahal dan rasa dari hasil bakaran tidak selezat hasil bakaran dari pemanggang arang. Namun apakah Anda akan memilih pemanggang arang yang lebih tinggi menyebabkan kanker jika ada yang lebih baik?

 

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakan pemanggang arang. Saat ini kebanyakan orang memang sudah beralih ke pemanggang gas atau listrik karena dinilai lebih cepat proses pemanggangannya dan lebih praktis.  Kini Anda bisa menemukan pemanggang gas atau listrik di  Jualelektronik.com dengan penawaran terbaik.  Idealife IL116 – Electic Grill dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. Dapatkan Idealife IL116 – Electric Grill kualitas ori harga bersaing hanya di jualelektronik.com. Alamat showroom ada di Ruko Harco Elektronik Blok P Nomor 28-29, Mangga Dua, Jakarta Pusat. No telp 021 8068 2299, whatsapp 081807005080 dan email info@jualelektronik.com